SOLOPOS.COM - Deretan stan di acara Kreatif Anak Sekolah Solo (Kreasso) 2022 di Convention Hall Terminal Tirtonadi yang resmi dibuka pada Kamis (13/10/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Acara tahunan untuk kalangan pelajar, Kreatif Anak Sekolah Solo atau Kreasso 2022, digeber di Convention Hall Terminal Tirtonadi, Solo, 13-15 Oktober 2022. Ajang unjuk kreativitas anak sekolah itu resmi dibuka pada Kamis (13/10/2022).

Kegiatan ini diprakrasai Pemerintah Kota Solo sebagai wadah apresiasi untuk perkembangan aktivitas dan kreativitas siswa/siswi di Kota Solo dari jenjang PAUD, hingga SMA/SMK di Kota Bengawan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dalam Kreasso 2022 terdapat puluhan stan yang menampilkan hasil karya siswa dari seluruh penjuru Kota Solo. Mulai dari robot, batik, seni visual hingga karya seni berupa gambar ikut dipamerkan.

Acara Kreasso dimulai dengan pembukaan berupa aksi seni tari dengan tema Tari Corona dari SD Kanisius Semanggi 2 yang diiringi lagu daerah, Yamko Rambe Yamko. 11 siswa SD Kanisius Semanggi tampil enerjik dan menghibur mereka yang datang di acara pembuka.

Banyaknya potensi pelajar Solo yang ditampilkan dari sekolah-sekolah juga menjadi daya tarik bagi pengunjung yang hadir di acara Kreasso 2022. Mereka tertarik dengan ragam hasil karya.

karya pelajar kreasso 2022
Tari Corona dari siswa SD Kanisius Semanggi 2 Solo diiringi lagu daerah Yamko Rambe Yamko meramaikan event Kreatif Anak Sekolah Solo atau Kreasso 2022 di Convention Hall Terminal Tirtonadi, Solo, Kamis (13/10/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Tidak sedikit pengunjung yang merupakan siswa-siswi dari SD hingga SMA mengamati bahkan turut ambil bagian dalam demo hasil karya yang dilakukan.

Baca Juga: Kreasso 2022 Berlangsung Offline di Hall Tirtonadi Solo, Panitianya Pelajar SMP

Mita Ayu Safitri misalnya, siswi SMA Negeri 7 Solo ini nampak penasaran dengan karya robotik dari SMK Santo Mikael. Bahkan beberapa pajangan hasil cetakan tiga dimensi bernaeka rupa membuat Mita tertarik.

Antusiasme Peserta Bikin Acara Kreasso Spektakuler

“Tadi sempat ke stannya SMK Santo Mikael, karya hasil cetak tiga dimensinya menarik, bentuknya juga beragam. Rata-rata yang di sini jarang menampilkan produk seperti itu,” jelasnya saat ditemui Solopos.com, Kamis (13/10/2022).

Ada juga siswa-siswi SMP Negeri 2 Solo yang asyik menggambar dan berkreasi di salah satu stan milik Yayasan Kepedulian untuk Anak (Yayasan KAKAK). Mereka juga memajang hasil karyanya di stan tersebut.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: 23 Sekolah Tampil di Kreasso 2022, Apeksi Bertemu di STP

Salah satu pelajar, Nico, membuat tulisan di kain warna putih untuk kemudian diwarnai. “Stannya menarik, sama teman-teman diajak ke sini buat menggambar, jadi seru,” jelasnya.

Salah satu sekolah membuat dekorasi stannya menarik adalah SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK), di mana mereka menampilkan karya siswa-siswi seperti  buku karya siswa, project prakarya dan kewirausahaan.

Bahkan mereka juga menyediakan layanan cek tekanan darah (tensi) dan golongan darah. Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah PK, Upik Mairina, menyambut baik Kreasso tahun ini. Acara itu menurutnya bisa menjadi ajang unjuk gigi dari potensi siswa-siswi dari PAUD hingga SMA/SMK di Kota Solo. 

Baca Juga: Kreasso 2021 secara Daring di GWO Sriwedari Solo

“Saya sangat mendukung sekali kegiatan ini, karena melatih siswa berkreasi dan berani menampilkan karya terbaik mereka, acara ini diselenggarakan setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda,” jelasnya.

Ia menambahkan tahun ini Kreasso berbeda karena dilaksanakan secara indoor. Namun jika dilihat dari antusiasme peserta, agenda tahunan ini menurutnya akan menjadi event yang spektakuler karena akan menampilkan performing art dari sekolah-sekolah di Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya