SOLOPOS.COM - Warga yang memedati acara Ngabuburit Asik dan pembagikan 1.000 paket takjil yang diselenggarakan oleh Organisasi kemanusiaan Rotary Club of Solo Kartini di halaman Balaikota Solo, Jumat (5/4/2024) sore. (Solopos.com/Candra Septia Bantara)

Solopos.com, SOLO — Organisasi kemanusiaan Rotary Club of Solo Kartini menyelenggarakan kegiatan Ngabuburit Asik dengan membagikan 1.000 paket takjil kepada warga Solo di halaman Balaikota Solo, Jumat (5/4/2024) sore.

Selain berbagi kebahagiaan di Bulan Ramadan, kegiatan sore itu juga menjadi ajang reaktivasi sekaligus pengenalan program perpustakaan outdoor Omah Baca Nawala kepada masyarakat pada masyarakat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sebagai informasi, Omah Baca Nawala merupakan program peningkatan literasi masyarakat yang dimotori oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Regina Pacis dan Rotary Club of Solo Kartini sejak 2021.

Bentuk program tersebut adalah menyediakan semacam lemari berisi buku-buku yang ditempatkan di ruang-ruang publik Solo dan bisa diakses semua kalangan.

Saat ini lemari Omah Baca Nawala berada di beberapa titik di Kota Solo yaitu di Solo Safari, Taman Jogo Kali Pucang Sawit dan di Halaman Balaikota.

Yang akan datang Rotary Club of Solo Kartini berencana menyerahkan untuk diletakkan di Taman Balekambang.

Pantauan Solopos.com, mulai pukul 16.30 WIB, ratusan peserta yang terdiri atas siswa SMA Negeri 4 Solo, SMA Regina Pacis, 80-An anggota Rotary Club of Solo Kartini, dan warga Solo mulai memadati Panggung Ramadan di depan Balai Kota Solo.

Sebagian besar dari peserta datang dengan baju yang kompak berwarna putih.

Kegiatan Ngabuburit Asik sore itu berlangsung cukup meriah. Pasalnya selama menunggu momentum berbuka puasa para peserta disuguhi dengan berbagai acara yang menarik, seperti seni pertunjukan boneka dari Forum Anak Solo dan pembagian doorprize.

Tersedia juga mobil perpustakaan keliling serta donasi buku untuk Omah Baca Nawala.

Presiden Rotary Club of Solo Kartini, Enny Werdiningsih mengatakan kegiatan Ngabuburit Asik merupakan salah satu program rutin dari organisasi yang ia pimpin.

Di mana mulanya adalah bagian dari reaktivasi Omah Baca Nawala dan sekaligus menjadi agenda berbagi di bulan Ramadan.

“Ngabuburit Asik ini adalah kegiatan yang sudah rutin kita laksanakan sejak tahun 2021 di mana mulanya adalah bagian dari reaktivasi Omah Baca Nawala dan sekaligus menjadi agenda berbagi di bulan ramadan dengan membagikan takjil kepada masyarakat,” katanya ketika membuka kegiatan tersebut.

Enny berharap selain bisa membuat masyarakat bahagia selama bulan Ramadan, juga menjadikan mereka kenal dengan Omah Baca Nawala.

Sehingga minat masyarakat untuk membaca buku atau literasi semakin meningkat.

“Harapan kami, masyarakat akan terbantu dan terhibur dengan acara ini. Kemudian  dengan semakin banyaknya Omah Baca Nawala ke depannya, masyarakat juga semakin mudah mengakses buku-buku untuk dibaca sehingga tingkat literasi masyarakat kita semakin tinggi pula,” tambahnya.

Setelah rangkaian acara Ngabuburit Asik selesai, tak butuh waktu lama 1.000 takjil langsung ludes dibagikan ke warga yang berada di sekitaran Balai Kota Solo.

Takjil yang diberikan kali ini disiapkan secara mandiri oleh tangan-tangan terampil pengurus OSIS SMA Negeri 4 Surakarta, OSIS SMA Regina Pacis, dan Forum Anak Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya