SOLOPOS.COM - Ilustrasi lampu penerangan jalan. (Freepik)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menganggarkan pengadaan tiang lampu penerangan jalan umum (LPJU) senilai Rp225 juta pada 2022. Rencananya, nominal yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Wonogiri itu menyasar ke 50 lokasi.

Informasi yang dihimpun dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Wonogiri, penganggaran pengadaan LPJU tengah memasuki tahap lelang. Penandatanganan kontraknya dijadwalkan selesai paling lambat, Senin (8/8/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Waluyo, membenarkan informasi tersebut. Pengerjaan konstruksi fokus pada pemeliharaan LPJU yang sudah ada. Hal itu khususnya berupa penggantian tiang.

“Lingkupnya hanya 50 tiang. Kami akan mengganti kondisi tiang yang keropos dan tidak laik. Lokasi yang dikerjakan terletak di area perkotaan Wonogiri,” jelas Waluyo saat dihubungi Solopos.com, Senin (11/7/2022),

Sebanyak 50 tiang LPJU yang digarap hanya ada pada LPJU konvensional. Alasannya, Dishub Wonogiri lebih memilih fokus pada pemeliharaan dan perbaikan.

Baca Juga: Lampu PJU Mati, Fraksi PDIP DPRD Wonogiri Minta Segera Diperbaiki

Step by step fokus ke perbaikan, belum ke pengadaan. Kami fokusnya ke barang yang sudah ada dulu sekarang,” ujarnya.

Berdasar data yang disampaikan Dishub Wonogiri, ada dua jenis LPJU di Wonogiri, yakni LPJU konvensional dan LPJU Tenaga Surya. Kewenangan penanganan LPJU Tenaga Surya berada di pemerintah provinsi dan pusat. Pemerintah pusat telah menyalurkan 750 LPJU Tenaga Surya yang tersebar di sejumlah lokasi di Kabupaten Wonogiri di tahun 2021.

LPJU Tenaga Surya telah dibangun dan aktif digunakan sejak tahun lalu. Kendati demikian, penguasaannya masih ditangan pemerintah pusat dan belum diserahkan ke Dishub Wonogiri. Di tahun 2022, Waluyo mengatakan tak ada penambahan pengadaan LPJU Tenaga Surya dari pemerintah pusat.

Sebelumnya, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wonogiri meminta Pemkab memperbaikan PJU di sejumlah lokasi di Kabupaten Wonogiri. Permintaan itu didasarkan pada laporan hasil reses tahap II.

Baca Juga: 9 Fakta Keindahan Wisata Alam Goa Resi Wonogiri, Berlatar Gunung Lawu

Juru Bicara Fraksi PDIP, Rusdiana, menyampaikan ada PJU di beberapa kecamatan yang tak berfungsi atau mati. Kondisi itu memerlukan perbaikan dari dinas terkait.

“Diupayakan dilakukan dengan segera mengingat kondisi jalan yang gelap dapat menurunkan konsentrasi pengendara dan mengurangi rasa aman dari pengguna jalan,” ujar Rusdiana saat membacakan laporan hasil reses fraksinya di hadapan peserta sidang Rapat Paripurna DPRD Wonogiri, Senin (27/6/2022).

Penataan dan penempatan PJU yang baik dinilai dapat menambah estetika dan keindahan lingkungan jalan. Dalam lampiran laporan Fraksi PDIP diketahui terdapat 40 lokasi PJU di Kecamatan Sidoharjo yang dianggap perlu diperbaiki. Dalam lampiran tersebut tak disampaikan rincian lokasi secara detail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya