SOLOPOS.COM - Sekitar RS Dr Oen Kandang Sapi Solo. (Youtube/Explore Merah Putih)

Solopos.com, SOLO — RS Dr Oen Kandang Sapi di Kota Solo, Jawa Tengah, menempati posisi ketiga sebagai rumah sakit terbaik di Indonesia berdasarkan data yang dirilis Hospital Webometrics.

Hospital Webometrics merupakan lembaga independen internasional bentukan Cybermetric yang bermarkas di Spanyol. Dalam merilis data rumah sakit terbaik di Tanah Air, Hospital Webometrics menilai dari berbagai faktor, seperti publikasi ilmiah, interaksi di media sosial, produktivitas penelitian, ketersediaan teknologi medis, hingga kualitas layanan rumah sakit.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dari data yang tercantum di laman resmi Hospital Webometrics, rumah sakit terbaik di Tanah Air tersebut mayoritas tersebar di beberapa wilayah Jawa dan Bali. Untuk posisi pertama adalah RS Mitra Keluarga Group, posisi kedua Siloam Hospitals Group, dan di peringkat ketiga ada RS Dr Oen Kandang Sapi Solo.

Menempati peringkat ketiga sebagai rumah sakit terbaik di Indonesia, RS Dr Oen Kandang Sapi Solo ternyata sudah melayani masyarakat sejak 1933, yang kala itu hanya sebuah poliklinik kecil.

Mengutip laman resmi RS Dr Oen Kandang Sapi Solo, poliklinik tersebut didirikan oleh Perkumpulan Hua Chiao Tsing Nein Hui (HCTNH) yang diberi nama Poliklinik Tsi Sheng Yen. Kemudian, pada 1935, dr Oen Boen Ing bergabung dengan polikinik tersebut.

Semenjak itu, poliklinik tersebut berkembang pesat hingga pada 1955-1957, dibangun lah RS Dr Oen Kandang Sapi di Jebres Solo. Di mana pada awal mulanya, hanya bangunan yang difungsikan sebagai kantor dan ruang bedah.

Kini, RS Dr Oen Kandang Sapi Solo yang merupakan rumah sakit terbaik ketiga di Indonesia tersebut berada di bawah naungan Yayasan Kesehatan Panti Kolasa yang memegang prinsip not for profit. Di mana, sisa hasil usaha tidak dibagikan ke pengurus yayasan, tetapi digunakan untuk peningkatan pelayanan berupa pengembangan kompetensi SDM dan peralatan medis secara keberlanjutan serta pembangunan fisik.

Rumah sakit ini memiliki beragam jenis layanan yang didukung dengan fasilitas yang lengkap. Mulai dari radiologi, IGD, instalasi rehabilitasi medik, hemodialisa, laboratorium, kamar bersalin, USG 4 Dimensi, ICU, kamar rawat inap berbagai kelas, NICU, PICU, dan masih banyak lagi.

Terdapat lebih dari 30 poliklinik di RS Dr Oen Kandang Sapi Solo yang didukung dengan dokter spesialis yang ahli di bidangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya