SOLOPOS.COM - Manajemen dan BPH RSU PKU Muhammadiyah Sragen mengadakan tasyakuran kenaikan kelas dari tipe D ke tipe C di RSU setempat, Jumat (14/6/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN-RSU PKU Muhammadiyah Sragen resmi naik kelas dari tipe D menjadi  tipe C. Manajemen dan Badan Pembina Harian (BPH) RSU PKU Muhammadiyah Sragen menggelar tasyakuran atas kenaikan kelas tersebut di Aula Lantai II gedung lama, Jumat (14/6/2024). Izin operasional RS Tipe C itu keluar pada 30 Mei 2024.

Direktur RSU PKU Muhammadiyah Sragen, dr. Agus Indra Setiawan, saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat, menyampaikan izin operasional RS Kelas C sudah keluar pada 30 Mei 2024. Dia berterima kasih kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Hargiyanto, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sragen, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Sragen yang menyupor keluarnya izin operasiional RSU PKU Muhmamadiyah Sragen.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Dengan kenaikan kelas C ini bisa memberi pelayanan masyarakat maksimal bagi warga di Bumi Sukowati. Persyaratan naik kelas dari tipe D ke tipe C sesuai dengan standar Peraturan Menteri Kesehatan [Permenkes] No. 40/2004. Salah satu syaratnya jumlah tempat tidur ssbanyak 104 unit dan 10% di antaranya digunakan untuk ICU, ICCU, PICU dan untuk ruang isolasi tekanan negatif dan positif,” jelasnya.

Agus mengatakan RSU PKU Muhammadiyah Sragen juga sudah terakreditasi paripurna sejak 2022. Dia mengatakan selain tempat tidur, sumber daya manusia (SDM) juga menjadi syarat untuk naik kelas menjadi tipe C. Dia menyebut jumlah SDM yang dimiliki sekarang lebih dari 300 orang, dengan 29 orang dokter spesialis, seperti spesialis bedah umum, penyakit dalam, ortopedi, paru, mata, dan seterusnya.

“Jadi saat masih tipe D jumlah tempat tidurnya masih 61 unit dan sekarang naik jadi 104 unit. Proses di kelas C memang butuh waktu, utamanya menyinkronkan dokumen sesuai aturan kementerian dan [kondisi] riil di lapangan. Dengan tipe C, ke depan dilakukan beberapa layanan baru yang akan di-launching. Ada subspesialis yang diutamakan karena tipe C sudah boleh mengembangkan subspesialis, misalnya spesialis bedah ortopedi tulang belakang pada tahun depan,” jelasnya.

Dia menjelaskan selama ini saat ada pasien trauma tulang belakang maka sering dirujuk ke Solo, setelah naik kelas tipe C  pasien bisa dilayani di RSU PKU Muhammadiyah Sragen. Dia menyampaikan pelayanan rawat inap terbagi atas bangsal-bangsal dengan fasilitas ber-AC baik untuk pelayanan pasien BPJS maupun pasien umum, termasuk ada enam VIP dan satu VVIP.

“BOR [bed occupation rate] selama dua bulan terakhir April-Mei mencapai 65%-70%. Tetapi untuk Juni ini mulai menurun tetapi masih 50%. Mungkin karena ekonomi sedang menurun dan bareng dengan pendaftaran masuk sekolah. Jangkauan pelayanan kami sampai Masaran, Plupuh, Sidoharjo, Kedawung, Tanon, dan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar,” kata Agus.

Ketua BPH RSU PKU Muhammadiyah Sragen M. Sauman menambahkan dengan naik kelas C ini memiliki tanggung jawab lebih besar. Selama ini, dia melihat manajemen sangat solid dan kompak.

“Syarat tipe C sudah ada sendiri. Salah satunya peningkatan tempat tidur. Kami itu setiap Senin rapat, selalu minta informasi ke direktur. Kami juga memberi masukan ke manajemen untuk perbaikan ke depan,” jelasnya.

Dia berharap dengan peningkatan kelas C maka ada peningkatan kualitas layanan pada umat dan masyarakat. Dia menerangkan pelayanan dengan keramahtamahan sisi tenaga medis dan karyawan menjadi penting.

Berikut Fasilitas di RSU PKU Muhammadiyah Sragen:

Pelayanan Unggulan
1. Trauma Center (One day service) : pelayanan cepat, akurat, dan lengkap untuk menangani pasien pascakecelakaan segera mendapat pertolongan.
2. CT Scan : perlengkapan modern untuk menunjukkan gambar yang lebih detail daripada rontgen
3. Hemodialisa: layanan cuci darah untuk pasien gagal ginjal dengan perlengkapan steril dan modern.
4. USG 4 Dimensi: Layanan medis yang dilakukan pada masa kehamilan untuk mendapat video pergerakan bayi dalam rahim.

Penunjang Medis
1. Instalasi Farmasi
2. Instalasi Laboratorium
3 Instalaai Gizi
4. Instalasi Radiologi (rontgen, USG Abdomen, CT Scan)
5. Hemodialisa
6. Fisioterapi
7. Kemoterapi
8. Bedah Syaraf

Poliklinik Spesialis
1. Klinik Penyakit Dalam
2. Klinik Penyakit Syaraf
3. Klinik Rehabilitasi Medik
4. Klinik Anak
5. Klinik Paru
6. Klinik Mata
7. Klinik Jantung
8. Klinik Kandungan
9. Klinik Bedah
10. Klinik Ortopedi
11. Klinik Urologi
12. Klinik Gigi
13. Fisioterapi

Sumber: RSU PKU Muhammadiyah Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya