SOLOPOS.COM - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ir. Soekarno, Senin (26/12/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO–Proses pemungutan suara Pemilu 2024 di Sukoharjo pada Rabu (14/2/2024) secara umum berjalan lancar. Pemungutan dan penghitungan suara yang menguras energi dan waktu yang tak sedikit dikhawatirkan berdampak kepada para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Menurut Direktur RSUD Ir Soekarno Sukoharjo Yunia Wahdiati hingga Kamis (15/2/2024) pagi, rumah sakit yang dipimpinnya belum mendapati adanya pasien yang terdaftar sebagai KPPS maupun petugas lain di tempat pemungutan suara (TPS).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Sampai pagi ini belum ada KPPS atau petugas di TPS lainnya yang harus dirawat di RSUD Ir. Soekarno,” ungkap Yunia kepada Solopos.com.

Kendati demikian ia menyatakan pihaknya masih terus berjaga apabila ada rujukan pasien dari petugas KPPS maupun lainnya. Nihilnya pasien petugas KPPS tersebut juga berbanding lurus dengan kondisi di Poli Jiwa.

Seperti diketahui RSUD Ir. Soekarno Sukoharjo telah menyiapkan penanganan pasien sakit jiwa termasuk calon anggota legislatif (caleg) yang stres pasca-Pemilu 2024. Ruang perawatan, dokter, hingga rujukan juga telah dipersiapkan.

“Untuk kemarin Poli Jiwa tutup, sehingga tidak ada pasien caleg atau lainnya. Kami masih melihat perkembangannya hari ini,” kata Yunia.

Sebelumnya Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukoharjo telah berupaya mengikuti aturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menyiagakan puskesmas selama 24 jam pada hari pemungutan suara.

Kepala Dinkes Sukoharjo, Tri Tuti Rahayu, menguraikan sudah ada beberapa puskesmas di Sukoharjo yang buka 24 jam penuh. “Untuk puskesmas di Sukoharjo yang rawat inap sudah buka 24 jam,” terang Tri beberapa waktu lalu.

Total ada 10 puskesmas yang melayani warga Kabupaten Makmur di 12 kecamatan. Delapan puskesmas di antaranya melayani rawat inap, dan dua puskesmas lainnya melayani persalinan.

Sementara itu, berdasarkan laman pemilu2024.kpu.go.id hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kabupaten Sukoharjo hingga Kamis pukul 06.00 WIB pasangan calon Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka memimpin dengan perolehan suara 36.866 suara atau sebanyak 48,27%. Jumlah tersebut berdasarkan penghitungan suara di 1.294 TPS dari total 2.533 atau sebanyak 51,09%.

Perolehan tersebut mengalahkan dua pasangan calon lain yakni Ganjar Pranowo-Mahfud Md. yang menyusul dengan perolehan suara 26.616 atau sebanyak 34,85%. Sementara pasangan calon Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 12.894 atau sebanyak 16,88%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya