SOLOPOS.COM - PERBAIKAN RUMAH--Beberapa warga tengah memperbaiki rumah tak layak huni (RTLH) milik salah seorang warga di Kelurahan Delingan, Selasa (12/6/2012). (Maftuh Ihsan/JIBI/Bisnis Indonesia )


PERBAIKAN RUMAH--Beberapa warga tengah memperbaiki rumah tak layak huni (RTLH) milik salah seorang warga di Kelurahan Delingan, Selasa (12/6/2012). (Maftuh Ihsan/JIBI/Bisnis Indonesia )

KARANGANYAR— Dalam rangka menyambut Jambore Daerah (Jamda) XIII pada tanggal 21-26 Juni 2012, sepuluh Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Delingan, Kecamatan/Kabupaten Karanganyar mulai diperbaiki. Perbaikan dilakukan oleh pemilik rumah dibantu swadaya masyarakat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Setiap rumah mendapatkan dana perbaikan Rp10 juta dari Kementerian Sosial,” tutur Lurah Delingan, Suparto, saat ditemui Bisnis Indonesia (Jaringan Informasi Bisnis Indonesia/JIBI), Selasa (12/6/2012).

Rencananya, seluruh rumah tersebut dijadikan tempat menginap Bupati dan jajaran Muspida Karanganyar saat acara Jamda berlangsung. Suparto menjelaskan kegiatan menginap di rumah warga ini merupakan bagian dari kegiatan Kemah Mabi (Majelis Pembimbing) Pramuka Karanganyar. Menurut jadwal, Bupati akan menginap pada 21 Juni malam.

Selain Bupati dan jajarannya, Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo, dan Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri, juga diundang untuk menginap di rumah warga. Suparto mengatakan rumah yang dipilih tidak harus rumah paling bagus. Namun, menurutnya, rumah tersebut harus memilik Mandi, Cuci, Kakus (MCK) yang layak. “Tidak harus rumah yang besar, yang penting terdapat MCK layak bagi para tamu,” ungkap Suparto.

Pengamatan Bisnis Indonesia kemarin, sepuluh rumah tersebut dirobohkan dan dibangun ulang. Saat ini, pengerjaan memasuki tahap membangun pondasi. Ketika ditanya mengenai kecukupan dana yang ada untuk membangun ulang rumah tersebut, Suparto menjelaskan nantinya terdapat dana swadaya untuk menutup kekurangan biaya.

Suparto menambahkan terdapat 300 RLTH di Delingan. Dia mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Pasalnya, Delingan termasuk dalam wilayah perkotaan Karanganyar namun masih memiliki rumah yang tidak layak. Kementerian Sosial akan memberikan bantuan dana perbaikan kepada 25 RLTH di Delingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya