SOLOPOS.COM - Kendaraan parkir di jalur pedestrian Taman Monjari, Kelurahan Setabelan, Banjarsari, Solo, yang merupakan kawasan steril kendaraan, Rabu (4/1/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Ruang publik Solo yakni Taman Monjari akan ditambahi fasilitas.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menambah fasilitas Taman Monumen 45 Banjarsari (Monjari) berupa wahana permainan dan tempat fitness.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan Pemkot mendapatkan dana bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk penataan Taman Monjari. Salah satunya dana CSR dari PT Sri Rejeki Isman Textile (Sritex). “Kita mendapat dana dari PT Sritex Rp250 juta,” kata Rudy sapaan akrabnya, Senin (6/3/2017).

Dana CSR tersebut diserahkan oleh Presiden Direktur PT Sritex Iwan Setiawan Lukminto kepada Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo dan Wakil Wali Kota (Wawali) Achmad Purnomo saat upacara di halaman Balai Kota Solo, Senin pagi.

Dana CSR tersebut untuk melengkapi wahana permainan di Taman Monjari yang selesai direvitalisasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tahun lalu. Rencana pembangunan wahana permainan saat ini tengah dirancang DLH, termasuk bakal dilengkapi wahana fitness.

“Taman Monjari menjadi fokus program kerja Pemkot. Penataan Monjari sejalan dengan penataan di Jl. S. Parman dan Jl. Sabang yang akan dikerjakan,” katanya.

Rudy mengatakan kawasan Monjari bakal difungsikan sebagai laboratorium lingkungan hidup. Nantinya di kawasan tersebut disediakan sarana pengelolaan sampah, pengelolaan air, dan tentunya menjadi tempat tumbuhnya berbagai tanaman serbaguna. “Masyarakat bisa memfungsikan tempat itu untuk kegiatan pendidikan berbasis alam dan lingkungan,” katanya.

Ditanya lebih jauh apakah Monjari kedepan juga akan dilengkapi taman cerdas, Rudy menilai tidak perlu. Menurutnya taman cerdas lebih tepat dibangun di setiap kelurahan dan bukan di Monjari.

Sementara, Iwan Setiawan Lukminto berharap dana CSR bisa dimanfaatkan untuk melengkapi ruang publik di Taman Monjari dengan fasilitas terbaik. “Kami ingin ikut menyediakan sarana dan prasarana terbaik bagi warga Solo. Misalnya ruang terbuka dengan fasilitas yang baik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya