SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo menyaksikan penampilan penyanyi Denny Caknan saat Konser Tri Sakti Bulan Bung Karno yang digelar DPC PDIP Solo di Benteng Vastenburg Solo, Sabtu (25/6/2022) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ketua DPC PDIP Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, menyebut sederet prestasi Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sehingga layak diusung sebagai calon presiden dari partai berlogo banteng hitam bermoncong putih itu.

Menurut Rudy, prestasi Ganjar Pranowo selama menjadi Gubernur Jateng dua periode, cukup banyak. Mulai dari siswa SMA/SMK negeri yang bebas SPP hingga insentif guru agama.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Ya yang jelas, kalau menurut saya, pertama dengan adanya anak SMA/SMK negeri yang sekolah bebas SPP itu. Kedua, tentang bukan honor ya, ada insentif untuk guru-guru agama. Lantas untuk rumah tidak layak huni yang diberikan setiap daerah itu selalu bertambah, banyak kalau mau dianu kan banyak,” papar dia saat diwawancara Solopos.com usai menghadiri halalbihalal di Rumdin Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, di Kelurahan Karangasem, Laweyan, Rabu (26/4/2023).

Menurut Rudy detail dari prestasi Ganjar Pranowo selama menjadi Gubernur ada di Bappeda Jateng. “Lebih detailmya lagi kan di Bappeda nya provinsi itu ada semua,” imbuh dia. Disinggung sorotan terkait angka kemiskinan di Jateng, Rudy menilai tidak ada masalah. Sebab memang kemiskinan Jateng naik saat Covid-19.

“Ya biarin saja. Iya ndak masalah kemiskinan itu meningkat karena Covid-19 kemarin. Itu jadi pengaruh yang cukup besar,” ungkap dia. Rudy menilai sorotan terhadap kemiskinan Jateng tak mengurangi kelayakan Ganjar sebagai Capres 2024.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPC PDIP Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, kembali menyatakan Gibran Rakabuming Raka, bakal didapuk sebagai juru kampanye atau jurkam dalam pemenangan Pemilu 2024, termasuk Pemilu Presiden dan Wapres.

Selama menjadi Jurkam, menurut Rudy, panggilan akrabnya, Gibran akan mengambil masa cuti dari jabatan Wali Kota Solo. Pernyataan tersebut dia sampaikan saat diwawancara Solopos.com usai menghadiri halalbihalal di Rumdin Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, di Kelurahan Karangasem, Laweyan, Rabu (26/4/2023).

“Ya beliau jadi jurkam lah nanti. Nanti pas waktunya kampanye, cuti,” ungkap dia. Rudy menjelaskan, nanti akan ada posko pemenangan Pemilu 2024 yang didirikan PDIP dengan berpusat di DPC PDIP Solo. Posko pemenangan Ganjar Pranowo juga akan didirikan di beberapa lokasi oleh sukarelawan pendukung.

“Nanti relawan punya posko, DPC juga punya posko. Di setiap kecamatan ada nantinya,” kata dia. Namun saat disinggung figur cawapres yang ideal untuk Ganjar Pranowo, Rudy tidak mau berkomentar. Dia mengaku tidak mempunyai kewenangan untuk menyampaikan tentang figur cawapres untuk Ganjar.

“Oh ndak tahu saya. Ndak tahu itu. Ya tanya anu noh, tanya ketua partai noh, kene RT we ora,” terang dia. Rudy juga tidak mau berkomentar terkait perlu atau tidaknya PDIP berkoalisi dengan parpol lain di Pemilu 2024. Dia menegaskan hal itu merupakan kewenangan dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya