SOLOPOS.COM - Kondisi rumah warga di pinggir Sungai Brojo, Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo, yang ambrol pada Minggu (23/1/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Empat keluarga harus diungsikan sebagai dampak peristiwa rumah ambrol ke sungai di wilayah RT 001/RW 002 Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo, Minggu (23/1/2022).

Dari empat keluarga itu, tiga di antaranya masih satu kerabat. Lurah Pajang, Priadi, melalui pesan Whatsapp kepada Solopos.com, Minggu petang, mengatakan selain satu rumah yang ambrol dan rusak parah, tiga rumah lain ikut terdampak.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Baca Juga: Detik-Detik Rumah Warga Pajang Laweyan Solo Ambrol ke Sungai

Kondisi tiga rumah yang saling bersebelahan di pinggir Sungai Brojo itu kini sudah retak-retak dan rawan longsor. Jika tetap ditempati dikhawatirkan bisa membahayakan penghuninya. “Yg terdapak longsor 4 rmh,” tulis Priadi.

Informasi serupa disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo, Nico Agus Putranto. Kepada Solopos.com, Minggu petang, Nico mengatakan ada kemungkinan rumah di Pajang, Solo, itu ambrol karena dampak banjir pada Jumat (21/1/2022) malam.

Baca Juga: 1 Rumah di Pinggir Sungai Wilayah Pajang Solo Mendadak Ambrol

Nico menambahkan petugas dari BPBD dan sukarelawan sudah ke lokasi untuk membantu evakuasi barang-barang milik warga yang harus diungsikan. “Sudah bantu evakuasi untuk barang-barang korban. Dimungkinkan dampak kemarin. Tidak ada korban. Kami evakuasi di rumah saudara korban yang lokasinya berdekatan,” jelasnya.

Nico menambahkan ada empat keluarga yang terdampak dan harus diungsikan. Tiga dari empat keluarga itu masih kerabat. “Saat ini teman-teman masih di lapangan untuk keperluan logistik. Informasi lebih lanjut nanti kami sampaikan,” ujarnya.

Baca Juga: Kali Jenes Meluap, Pajang Solo Banjir dengan Ketinggian sampai 1 Meter

Seperti diberitakan, satu rumah warga di RT 001/RW 002 Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo, ambrol karena tanah di bawahnya yang berada di bibir sungai longsor. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut.

Detik-detik saat dinding rumah mulai ambrol terekam kamera dan videonya diunggah sejumlah akun media sosial Instagram, salah satu akun @pmisurakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya