SOLOPOS.COM - Kondisi ruas jalan Jatirajek-Surowono, Kecamatan Kemalang rusak parah. Foto diambil Minggu (22/1/2023). (Istimewa/dokumentasi warga Haryanto)

Solopos.com, KLATEN — Sejumlah ruas jalan di Klaten bakal diperbaiki tahun ini. Sebanyak tujuh ruas jalan bakal diperbaiki termasuk beberapa ruas jalan di wilayah lereng Gunung Merapi, Kecamatan Kemalang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Klaten, Suryanto, mengatakan ada tujuh ruas jalan yang masuk dalam program peningkatan jalan tahun ini. Perbaikan yang dilakukan ada yang berupa pengecoran serta berupa pengaspalan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ketujuh ruas jalan itu di antaranya ruas jalan Gatak-Grojogan Bayat, Samben-Sidowarno, Tegalan-Karangwungu, serta Jalan Mpu Sedah di Kecamatan Klaten Selatan. Selain itu, program peningkatan jalan di wilayah Kaliwuluh-Deles dan Ngemplakseneng-Panggang.

“Ada empat kegiatan peningkatan jalan didanai dari DAK [Dana Alokasi Khusus]. Selain itu, ada satu kegiatan peningkatan jalan dari bantuan keuangan Provinsi yakni Jatirajek-Surowono,” kata Suryanto, Minggu (22/1/2023).

Selain kegiatan peningkatan jalan, Suryanto menjelaskan ada pemeliharaan jalan, perbaikan yang diperlukan untuk mempertahankan kondisi jalan tetap berfungsi secara optimal. Ada sekitar 30 ruas jalan yang bakal menjadi sasaran kegiatan pemeliharaan jalan.

“Di luar jalur yang disepakati dengan PT JMM [jalur yang dilewati truk pengangkut material tanah uruk untuk tol Solo-Jogja], akan kami perbaiki dengan program pemeliharaan jalan. Dokumen pengadaan sudah disiapkan dan mudah-mudahan dilelangkan akhir bulan ini. Kami berharap bisa dilaksanakan sebelum Lebaran. Total anggaran di bidang Bina Marga DPUPR tahun ini Rp70 miliar,” kata Suryanto.

Salah satu ruas jalan yang bakal diperbaiki yakni ruas jalan Jatirajek-Surowono. Ruas jalan di wilayah lereng Gunung Merapi itu rusak parah selama beberapa tahun terakhir dan belum tersentuh perbaikan.

Salah satu warga Kemalang, Haryanto, mengatakan lapisan aspal pada ruas jalan itu sudah banyak yang hilang. Saat hujan, air melimpas ke jalan. Jalan itu menjadi jalur utama untuk evakuasi serta jalur utama menuju objek wisata Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang.

“Kondisi jalan yang rusak itu sekitar 4 km,” kata salah satu warga, Haryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya