SOLOPOS.COM - Penyampaian PAW anggota DPRD dari Partai Golkar kepada Pimpinan DPRD Karanganyar. (Istimewa/KPU Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYARKomisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar menetapkan Rustam Junaidi sebagai pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPRD dari Partai Golkar, Tutik Rushandini yang meninggal dunia karena sakit.

Penetapan Rustam Junaidi sesuai dengan hasil rapat pleno yang digelar KPU Karanganyar. Hasil rapat pleno tersebut telah diserahkan KPU ke Pimpinan DPRD Karanganyar pada Senin (10/7/2023).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Karanganyar, Muhammad Maksum, menjelaskan KPU mendapatkan surat usulan dari pimpinan DPRD untuk proses PAW anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar, Tutik Rushandini pada Selasa (4/7/2023).

Kemudian KPU Karanganyar langsung melakukan rapat pleno yang hasilnya dikirim kembali ke DPRD untuk dilakukan pelantikan atau pengambilan sumpah janji terhadap pengganti Tutik Rushandini.

“Sesuai hasil pemilihan legislatif (pileg) pada 2019 lalu, nama yang menggantikan almarhumah Bu Tutik adalah Rustam Junaidi,” kata Maksum, Kamis (13/7/2023).

Maksum mengatakan Rustam Junaidi merupakan calon legislatif (caleg) dengan perolehan suara di bawah Tutik Rushandini saat Pileg 2019 lalu di daerah pemilihan (Dapil) 1, meliputi Karanganyar kota, Matesih dan Mojogedang. Saat ini, ranah untuk pelantikan PAW Rustam Junaidi tinggal di tangan DPRD Karanganyar.

Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo, mengungkapkan sudah memproses surat penetapan Rustam Junaidi sebagai PAW anggota DPRD dari Fraksi Golkar Tutik Rushandini yang meninggal dunia pada Mei lalu. Surat tersebut segera diserahkan ke Bupati Karanganyar untuk dimintakan persetujuan pelantikan ke Gubernur Jawa Tengah.

“Kami tinggal nanti menunggu surat dari Gubernur untuk selanjutnya digelar sidang paripurna pengambilan sumpah dan jabatan terhadap penggantinya itu,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya