SOLOPOS.COM - Anggota Senam Lansia Desa Buran, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar berfoto setelah mengikuti senam bersama di halaman Kantor Kecamatan Tasikmadu, Jumat (18/2/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Memiliki tubuh yang sehat menjadi dambaan setiap orang. Termasuk para warga lanjut usia (lansia) di Desa Buran, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar. Demi menjaga tetap sehat, sekitar 30 warga lansia itu mengikuti senam di halaman kantor Kecamatan Tasimkadu, Jumat (18/2/2022).

Ketua Senam Lansia Desa Buran, FX Wiratmo, mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari senam rutin yang diadakan setiap Sabtu. “Setiap Sabtu kami adakan senam di Desa Buran. Kali ini senam kami adakan di Kantor Kecamatan Tasikmadu sebagai kunjungan balasan kepada Pak Camat [Camat Tasikmadu, Junaidi] yang dulu pernah mendatangi kami,” ujarnya di sela-sela acara.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Wiratmo mengatakan, senam lansia di desanya tersebut sudah berlangsung enam bulan. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kesehatan, kebugaran, serta memupuk semangat hidup di usia lanjut. “Yang penting sehat, semangat, dan hati senang,” imbuhnya.

Baca Juga: Slamet Rahardjo akan Tampil di Peresmian Gedung Teater Karanganyar

Sementara itu, salah satu anggota Senam Lansia Desa Buran, Harto Harjoko, 63, mengaku sangat gembira mengikuti senam rutin tersebut. “Alhamdulillah semangat seperti anak muda menuju sehat jasmani dan rohani,” ujarnya.

Anggota lainnya, Suyono, 74, mengatakan senam lansia selain menyehatkan juga bermanfaat untuk memupuk persatuan. “Semangat banget saya. Sebagai orang tua kita tunjukkan kebersamaan dan kesatuan kita. Agama apa pun kita bisa bersatu, tidak memandang latar belakang,” ujar pensiunan pegawai Pabrik Gula (PG) Tasikmadu ini.

Sementara itu, Sumarno 70, mengatakan senam jadi sarana berkumpul teman seusianya. “Saya ikuti senam agar sehat sekaligus kumpul dengan teman agar rukun selalu,” ujarnya.

Baca Juga: Ini 5 Tanaman Herbal yang Bisa Memberi Manfaat di Masa Pandemi

Camat Tasikmadu, Junaidi, mengatakan senam jadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan masyarakat. “Kami sangat mengapresiasi Senam Lansia Desa Buran ini. Di usia mereka yang sudah lanjut masih semangat menjaga kesehatan. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini. Menjaga kesehatan sangat penting,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya