SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI–Jamasan pusaka dan ruwatan massal akan digelar Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri di Taman Rekreasi  Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur, Minggu (25/11/2012).  Disbudparpora manargetkan 7.000 pengunjung pada acara itu.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Disbudparpora Wonogiri, Pranoto, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (20/11/2012) mengatakan kegiatan tersebut merupakan acara turun temurun sejak 1985. Jamasan pusaka dan ruwatan massal merupakan runtutan Pergelaran Wisata Budaya Wonogiri 2012.

Acara itu dimulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Dia mengatakan target 7.000 pengunjung itu bukanlah target muluk karena tahun sebelumnya jumlah pengunjung juga mencapai angka tersebut.

Pranoto menjelaskan beberapa Pergelaran Wisata Budaya Wonogiri 2012 sudah terlaksana, seperti Sedekah Bumi Kahyangan, Labuhan Ageng Pantai Sembukan dan pergelaran wayang kulit di beberapa kecamatan.   Puncak acara pergelaran wisata tersebut, yakni ruwatan massal. Ruwatan jelasnya,  merupakan prosesi spiritual untuk membuang kesialan hidup.  Dhalang ruwat akan diampu Ki Sutino Hardoko Carito.

“Biaya pendafataran ruwatan massal senilai Rp150.000. Itu harga yang sangat murah karena jika harus ruwat pribadi saya yakin biayanya diatas Rp5 juta,” jelasnya.

Mengenai jamasan pusaka, Pranoto menjelaskan ada dua pusaka yang akan dimandikan dari abdi dalem Mangkunegaran.  “Yaitu tombak Kyai Limpung dan Semar Tinandhu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya