SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (nomor lima dari kiri) saat Sarasehan Pemimpin Muda dengan tema Young Inspiration Toward a Better Future di The Sunan Hotel Solo, Selasa (25/7/2023). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLOWali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan banyaknya kolaborasi yang tidak jalan antara Kota Solo dengan kabupaten sekitar.

Ia menilai, sejauh ini beberapa kabupaten hanya melakukan seremonial Memorandum of Understanding (MoU) tanpa eksekusi yang jelas.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dalam diskusi Sesi III Sarasehan Pemimpin Muda dengan tema Young Inspiration Toward a Better Future di The Sunan Hotel Solo yang berlangsung pada Selasa (25/7/2023) siang, Gibran mengatakan sudah beberapa kali mencoba berkolaborasi dengan sejumlah kabupaten namun masih belum berjalan.

“Dua tahun menjabat saya banyak tanda tangan MoU dengan dua kabupaten enggak ada yang jalan, karena sekedar MoU tapi enggak jalan. Sudah rapat, evaluasi, rapat, ketemu, tandatangan MoU, sudah ada bahasan lanjutan dan konfirmasi, tapi tetap enggak jalan,” ucapnya.

Gibran akhirnya memilih untuk bekerja sama dengan pihak swasta atau dengan negara lain yang memberikan kepastian kerja sama.

“Kalau saya melihatnya menjalani yang pasti-pasti saja, misalkan dengan swasta atau negara lain yang pasti-pasti saja. Karena kalau kerja sama negara lain lebih cepat, pagi-pagi saya di WA, minta luas tanah sekian di Solo, minggu depan cek lokasi, dan akhirnya sepakat untuk membangun. Jadi kerjanya cepat,” ujarnya.

Senada, Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, mengaku punya masalah yang sama dengan Solo, terutama masalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Ia menyatakan, kolaborasi bisa memecahkan masalah kekurangan dana tersebut.

“Saya sependapat dengan yang disampaikan mas wali kita harus berkolaborasi menyelesaikan rencana di daerah, tidak bisa menggantungkan hanya dari APBD, saya rasa daerah lain punya masalah yang sama. Saya punya poin bahwa daerah itu inovatif, kolaboratif dan adaptif, itu tiga poin penting,” ujarnya.

Dico juga menjelaskan kekagumannya dengan program prioritas Solo. Sembari bercanda, Dico meminta APBD Solo diberikan ke Kendal kalau memang tak terpakai.

“Sebenarnya tadi saya agak kaget, jujur saya kagum karena solo punya 17 prioritas sedangkan saya tujuh sudah pusing. Mungkin nanti saya nanti minta APBD nya Solo kalau memang enggak dipakai,” kata Dico yang mengundang tawa peserta yang hadir.

Sarasehan Pemimpin Muda SMG

Secara keseluruhan, forum bergengsi Sarasehan Pemimpin Muda dengan tema Young Inspiration Toward a Better Future di The Sunan Hotel Solo ini menghadirkan narasumber dari sektor pemerintahan, kalangan usaha, dan kebudayaan.

Dari sisi pemerintahan atau pejabat publik hadir Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Bupati Blora Arief Rohman, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Bupati Kendal Dico Ganinduto.

Kemudian dari kalangan usaha diwakili pemimpin muda dari VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dan Komisaris Independen BSI M Arief Rosyid Hasan.

Dalam hal kebudayaan, hadir Pengageng KHP Nitya Budaya Kraton Yogyakarta GKR Bendara, serta Adipati Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkoenagoro X (KGPAA Mangkunagoro X).

Acara juga diikuti ratusan tamu undangan dari sejumlah stakeholder Soloraya mulai dari pemerintahan, pihak swasta, hingga asosiasi.

Para narasumber membahas berbagai isu penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mulai dari isu ekonomi bisnis, pemerintahan, dan kebudyaan.  Tujuannya yakni semangat kolaborasi untuk mewujudkan Indonesia lebih kuat dan maju.

Acara turut didukung oleh Pertamina, BNI, Pemkab Blora, BSI, The Sunan Hotel Solo, dan Candi Elektronik. Up-date informasi mengenai forum diskusi tersebut bakal ditayangkan secara langsung di Solopos.com sepanjang acara.

Sementara, laporan mendalam juga bakal tayang di Harian Solopos selama tiga hari berturut-turut mulai, Kamis-Sabtu (27-29/7/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya