SOLOPOS.COM - Sejumlah pengendara sepeda motor melintas di ruas jalan Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Jumat (30/12/2022). Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri memberlakukan rekayasa arus lalu saat konser grup musik Shaggydog dan ADA Band di Alun-alun Giri Krida Bakti, Jumat-Sabtu (30-31/12/2022). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri memberlakukan rekayasa arus lalu lintas saat konser grup musik Shaggydog dan ADA Band di Alun-alun Giri Krida Bakti, Jumat-Sabtu (30-31/12/2022). Nantinya, personel Dishub akan bergabung dengan kepolisian, TNI, dan Satpol PP di bawah koordinasi Polres Wonogiri dalam menjaga iklim kondusivitas dan kelancaran arus lalu lintas sepanjang konser berlangsung.

Kepala Dishub Wonogiri, Waluyo, mengatakan sejumlah ruas jalan menuju Alun-alun Giri Krida Bakti ditutup mulai pukul 16.00 WIB sampai konser selesai pada tengah malam. Penutupan dilakukan guna menghindari kemacetan dan menjaga kelancaran konser tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Nanti ada rekayasa arus lalu lintas. Beberapa ruas jalan arah Alun-alun Giri Krida Bakti akan kami tutup sejak Jumat sore ini sampai konser Shaggydog selesai. Kemudian Sabtu pagi akses jalan seperti biasanya. Rekayasa akan diberlakukan kembali pada Sabtu sore hingga konser ADA Band selesai pada puncak malam Tahun Baru nanti,” kata Waluyo kepada Solopos.com, Jumat (30/12/2022).

Dia menjelaskan pengalihan arus tidak sampai menutup jalan utama dari arah Sukoharjo, Ponorogo, maupun Pracimantoro. Kendaraan umum masih bisa melintas di jalan-jalan protokol Wonogiri.

Adapun rekayasa arus lalu lintas yang diterapkan yaitu Jl. Ir Soekarno dari barat Jembatan Jurang Gempal hingga Simpang Empat Ponten ditutup. Kendaraan dari arah Ponorogo menuju menuju Pracimantoro dan Sukoharjo harus melalui jalan dekat SMAN 1 Wonogiri hingga perempatan Gudang Seng.

Dari perempatan tersebut, kendaraan yang akan menuju ke Sukoharjo berbelok kanan. Sementara kendaraan yang menuju Pracimantoro berbelok kiri.

Sedangkan kendaraan dari arah Sukoharjo menuju arah Ponorogo bisa melalui pertigaan Klampisan kemudian lurus menuju Alas Kethu hingga jalan depan Kantor Pertanahan Wonogiri berbelok kiri.

“Semua jalan yang mengarah ke Alun-alun ditutup sebagai area konser. Jalan Kabupaten baik dari arah timur (Kantor Kemenag Wonogiri) maupun arah barat (Kantor BRI Wonogiri ditutup). Jalan depan Pendapa Rumah Dinas Bupati enggak bisa dilalui kendaraan. Jalan di Perempatan Ponten yang mengarah ke bundaran Soekarno juga ditutup untuk kendaraan,” ujar dia.

Sebagaimana diketahui, Shaggydog akan tampil di Alun-alun Wonogiri, Jumat (30/12/2022) malam. Sementara Ada Band akan tampil pada puncak perayaan malam tahun baru, Sabtu (31/12/2022).

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo alias Jekek, memastikan perayaan tahun baru di Wonogiri bakal digelar meriah. Melalui perayaan tahun baru yang meriah, Pemkab Wonogiri ingin membantu optimisme publik di Kabupaten Sukses bisa bangkit setelah terhantam Pandemi Covid-19 selama dua tahun lebih.

Dia mengharapkan dengan adanya ruang-ruang publik yang meriah maka ada multiplier effect yang positif.

“Dengan adanya kemeriahan itu, akan timbul kemanfaatan secara kolektif. Dalam prosesnya, kami tentu akan memenuhi ketaatan, aturan, dan regulasi yang ada. Kami kan tertib,” kata Jekek kepada wartawan di kompleks Sekretariat Daerah Wonogiri, Rabu (21/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya