SOLOPOS.COM - Bus Batik Solo Trans (BST) Koridor 2 melintas di Jl. Ir. Sutami, Jebres, Solo, Minggu (20/12/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SUKOHARJO — Masyarakat Sukoharjo masih harus bersabar menunggu pengoperasian bus Batik Solo Trans atau BST dari Solo sampai ke Solo Baru dan Solo ke Bekonang, Mojolaban.

Saat ini Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo masih menggodok rute maupun rencana pengoperasian bus tersebut. Kemungkinan dua koridor BST itu baru bisa beroperasi mulai 2022 mendatang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Plt Kepala Dishub Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, mengatakan pengoperasian BST saat ini masih dalam tahap menyiapkan sarana dan prasarana (sarpras) pendukung di Sukoharjo.

Baca Juga: Ngebut, Pengendara Ninja Tabrak Mobil di Sukoharjo Hingga Luka-luka

Sarpras yang harus disiapkan antara lain rute, alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL), rambu pendukung, dan penentuan titik halte BST yang akan dipasang. Dishub Sukoharjo masih terus koordinasi dengan Pemkot Solo dan Kemenhub untuk merealisasikan operasional bus BST itu dalam waktu dekat.

“Kami sudah ke tahap selanjutnya untuk perintisan BST di Sukoharjo ini. Rencananya tetap dua koridor dari Solo- Sukoharjo-Solo lagi. Kami masih mempersiapkan dan mendiskusikan soal sarpras pendukung dan akan melakukan cek lapangan. Untuk jenis halte apakah permanen atau portabel juga masih kami diskusikan,” jelasnya kepada Solopos.com, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: Alhamdulillah, Ribuan PKL di Sukoharjo Terima Bantuan Tunai Rp1,2 Juta

Pengajuan Anggaran

Terkait anggaran, Toni mengaku masih dalam tahap diskusi dan pemaparan awal ke DPRD Sukoharjo. Terkait nominal, ia belum berani mengungkapkan angkanya karena masih menunggu angka final dari pengajuan anggaran.

“Pastinya butuh anggaran. Tapi tidak banyak karena hanya sarana pendukung dan ada anggaran dari kementerian juga. Saat ini saya belum bisa mengatakan butuh dana berapa karena masih ada perubahan angka dan kami masih cek lapangan dulu pekan depan untuk memastikan lagi,” ungkapnya.

Baca Juga: Menteri Pertanian Panen Padi IP 400 Kualitas Ekspor di Weru Sukoharjo

Dishub Sukoharjo menargetkan operasional BST sampai Sukoharjo akan bisa direalisasikan pada pertengahan 2022. Diharapkan dengan adanya BST di Sukoharjo bisa membantu mobilitas masyarakat nantinya.

Untuk diketahui, BST yang beroperasi di Sukoharjo akan ada dua koridor. Rutenya dari Terminal Tirtonadi menuju Jl Veteran – Solo Baru – Indraati – kembali ke Solo. Koridor kedua akan beroperasi dari Terminal Kartasura lewat Jl Adi Soemarmo – Jl Veteran Solo – Bekonang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya