SOLOPOS.COM - Capres Ganjar Pranowo saat melakukan kegiatan safari politik di Karanganyar pada Minggu (24/12/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR–Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo meminta seluruh relawan, kader, simpatisan, dan partai koalisi menguatkan suara hingga di tempat pemungutan suara (TPS). Penguatan akar rumput ini menjadi kunci bagi kemenangan di Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo dalam pidato politiknya saat menghadiri Silaturahmi Capres bersama Tim Pemenangan Cabang (TPC), Calon Legislatif (Caleg), Partai Koalisi serta Relawan se-Kabupaten Karanganyar di kantor DPC PDIP setempat pada Minggu (24/12/2023) sore.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pertemuan itu dihadiri ratusan caleg, sukarelawan, dan partai koalisi pasangan calon (paslon) Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Acara tersebut  juga dihadiri Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Jawa Tengah, Agustina Wilujeng; Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah Sumanto; anggota DPR Dolfie OFP; Ketua DPC PDIP Karanganyar Bagus Selo; dan pengurus partai koalisi pengusung Ganjar-Mahfud.

Ganjar yang juga mantan Gubernur Jawa Tengah itu menambahkan suara di TPS masing-masing harus dikawal dan diawasi. Menurut Ganjar, dari hasil safari politik ke berbagai daerah, suara akar rumput di lingkup TPS menjadi kekuatan besar meraih kemenangan.

“Setelah keliling Indonesia, saya menyadari bahwa kekuatan [kemenangan pemilu] adalah TPS. Enggak banyak parpol yang bisa menembus akar rumput kecuali PDIP,” kata Ganjar.

Dalam Pilpres 2024, Ganjar mengatakan PDIP merupakan salah satu partai yang memiliki kekuatan besar. Kader PDIP di tingkat RT atau TPS paling mengenali lingkungannya. Mereka juga dekat dengan para tetangga, sehingga lebih mudah mengajak pilih Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024.

Menurut Ganjar, sebagai salah satu kekuatan politik yang besar, konsolidasi adalah kunci kemenangan. Konsolidasi harus terus dilakukan secara intensif. Dia menambahkan para kader, simpatisan, hingga relawan juga harus turun langsung ke masyarakat untuk meyakinkan memilih pasangan Ganjar-Mahfud.

Kepada partai pendukung, Ganjar Pranowo juga meminta agar proaktif melakukan pertemuan dengan masyarakat secara door to door.

“Bapak Ibu, kalau panjenengan aktif di kampung, pada saat bertemu dengan masyarakat, kita mulai utik-utik, menceritakan soal program, jadi agar masyarakat bertanya. Jika masyarakat bertanya pada calonnya, maka hak politik digunakan. Jadi istilahnya tidak membeli kucing dalam karung,” ujarnya.

Ganjar juga tak lupa menyinggung soal generasi Z dan milenial yang juga perlu didekati. Potensi pemilih pemula dari kalangan generasi Z dan milenial ini cukup besar. Mereka akan dilatih untuk mencoblos. Sebab banyak dari mereka yang belum tahu bagaimana cara menggunakan hak pilihnya.

“Anak-anak muda ini punya semangat besar. Tapi setelah saya bertemu, banyak di antara mereka yang tidak ingin datang ke TPS. Ini yang harus didekati dan diberikan pemahaman,” kata Ganjar.

Ganjar mengaku Soloraya sebagai kandang banteng banyak calon yang mengincarnya. Karena itu penting bagi semuanya untuk gaspol ke masyarakat. Ganjar meminta kader, relawan dan anggota partai koalisi untuk mengajak tetangga, saudara ke TPS memilih Ganjar-Mahfud.

Sekretaris DPD PDIP Jateng, Sumanto menyampaikan Ganjar Pranowo asli kelahiran Kabupaten Karanganyar, tepatnya di Tawangmangu. Karena itu perolehan suara pasangan Ganjar-Mahfud harus di atas 80 persen.

“Hari ini kehadiran pak Ganjar ke Karanganyar memberi vitamin dan menyuntikkan semangat kita semuanya,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Karanganyar Bagus Selo mengatakan sesuai dengan arahan partai, pihaknya siap melakukan penguatan suara di lingkup TPS bersama dengan gugus tugas dari setiap partai pendukung.

“Salah satunya dengan tim pemenangan pak Ganjar ini kita selalu konsolidasi antara lintas partai masing-masing karena bersamaan dengan pileg dan penguatan di tingkat TPS dengan gugus tugas setiap partai politik,” katanya.

DPC PDIP Karanganyar menargetkan perolehan suara untuk Ganjar-Mahfud di Karanganyar mencapai sebanyak 85 persen.

“Harapan kami ya tetep 85 persen. Ya karena daerah kelahirannya, beliau Gubernur Jateng, dan beliau cukup dikenal masyarakat,” katanya.

Bagus Selo mengatakan kedatangan Ganjar di Karanganyar selain untuk konsolidasi tim kemenangannya juga berdialog dengan para kiai dan santri NU Karanganyar. Ia juga menyempatkan diri menyapa kawula muda di Joglo Dawan Tasikmadu dengan didampingi Ketua TKD Jateng Agustina Wilujeng Pramestuti, Caleg DPR Dapil IV Dolfie OFP, dan para elite PDIP lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya