SOLOPOS.COM - Ketua PDM Solo terpilih, Anwar Sholeh (tengah) memberikan sambutan setelah resmi ditetapkan sebagai Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Solo di Balai Muhammadiyah, Solo, Sabtu (20/5/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Sebanyak 13 formatur Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Solo sudah berhasil terpilih pada Musyawarah Daerah (Musda) di Balai Muhammadiyah Solo, Sabtu (20/5/2023).

Sebanyak 13 formatur terpilih tersebut mengadakan musyawarah di ruang terpisah dan menghasilkan kesepakatan untuk memilih Anwar Sholeh sebagai ketua PDM Solo, didampingi Rokhani sebagai sekretaris. Keduanya dipilih untuk periode 2022-2027.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ketua PDM Solo terpilih. Anwar Sholeh, mengatakan prosesi pemilihan formatur dan ketua merupakan mekanisme yang harus dilalui.

Dia mengatakan prioritasnya kedepan meningkatkan kualitas dan kuantitas Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) serta mutu sumber daya manusia yang ada di tubuh organisasi.

“Sekolah Muhammadiyah ini bisa lebih maju, kemudian masalah kesehatan melalui rumah sakit yang kita kelola bisa lebih baik,” kata dia.

Selain itu dia akan memfokuskan pada ekonomi umat. Anwar menyebut perlu adanya peningkatan kesejahteraan hidup warga Muhammadiyah.

“Nanti coba kita bahas di majelis yang ada. Begitu kira-kira pemikiran global kami, konkretnya nanti kita bahas lebih lanjut,” kata dia.

Sementar itu, Ketua Musyawarah sekaligus Sekretaris PDM Solo, Rokhani mengatakan secara teknis 13 formatur yang terpilih menentukan ketua PDM Solo dengan cara musyawarah. “Biasanya memang suara terbanyak itu yang menjadi ketua, tapi tidak mesti harus seperti itu,” kata Rokhani.

Dia mengatakan proses pemilihan Ketua PDM Solo berbasis musyawarah dan tidak dilakukan dengan sistem voting. Dia bercerita banyak pengalaman di Muhammadiyah yang bahkan mendapat suara terbanyak tapi tidak mau menjadi ketua.

“Maka masih sangat dinamis. Di muhammadiyah kan memang kolektif kolegia, jadi semuanya didasarkan dengan musyawarah,” kata dia.

13 formatur terpilih itu, juga bertugas memilih siapa yang akan menjadi wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota. “Termasuk nanti memilih anggota unsur pembantu pimpinan, yang menyusun juga para formatur terpilih itu,” katanya. Rokhani berharap formatur yang terpilih bisa menjalankan amanah dengan baik.

Dia menyebut agenda Musda PDM Solo tidak hanya memilih kepengurusan selanjutnya, namun juga menyusun program untuk lima tahun ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya