SOLOPOS.COM - Jenazah Robby Sumampow tiba di rumah duka Thiong Ting, Jebres, Solo, Senin (12/10/2020) malam. (Solopos-Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO -- Jenazah pengusaha Solo Robby Sumampow tiba di rumah duka Thiong Ting, Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Solo, Senin (12/10/2020) pukul 22.03 WIB. Robby meninggal di Singapura pada Minggu (11/10/2020) malam.

Sahabat mengenal Robby Sumampow sebagai konglomerat yang menunjukkan kesederhanaan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pada Senin malam, puluhan karangan bunga terpasang di kompleks rumah duka Thiong Ting. Dari karangan bunga duka cita tersebut terdapat karangan bunga dari sejumlah tokoh nasional dan pejabat, antara lain mantan Gubernur Jakarta, Sutiyoso, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir.

Hari Ini Dalam Sejarah: 13 Oktober 1917, Mukjizat Matahari Muncul

Jenazah Robby Sumampow tiba di rumah duka Thiong Ting Solo Senin pukul 22.03 WIB, setelah perjalanan dari Bandara Internasional Changi Singapura sekitar pukul 19.00 WIB.

Kuasa Hukum Robby, Heru S. Notonegoro, menjelaskan jenazah Robby akan berada di Thiong Ting selama tiga sampai lima hari ke depan. Menurutnya, pihak keluarga sedang berembuk untuk rencana pemakaman Robby.

“Empat lima hari lalu saya masih telepon. Memang termasuk sudah sepuh usia 76 tahun. Penyakit tua lah cenderungnya [menurut] saya. Kebetulan empat [sampai] lima tahun lalu berhenti merokok badannya menjadi tambah gemuk,” kata Heru.

Kemenpora Fasilitasi Atlet Pelatnas Paralimpiade Lakukan Tes Swab

Dia menjelaskan Robby meninggalkan lima orang putra putri dan enam orang cucu. Seluruh keluarga ikhlas melepas kepergian Robby.

Menurut Heru, pesan Robby Sumampow kepada para sahabat untuk tidak mengecilkan orang lain dan selalu berjuang meraih sesuatu.

"Beliau ini dari orang kecil menjadi besar seperti itu. Enggak semua orang bisa," katanya kepada wartawan.

Tetap Menunjukkan Kesederhanaan

Heru menjelaskan sejumlah bisnis yang dikelola Robby antara lain bidang properti, rumah sakit, sarana olahraga, dan perkantoran. Walaupun Robby seorang konglomerat internasional, menurutnya, tetap menunjukkan kesederhanaan.

“Beliau maaf kata konglomerat tingkat internasional, orangnya sederhana. Wedangan naik motor bebek dilakoni. Baik mobil oke. Sampai sebelum meninggal. Saya hampir setiap malam sama beliau,” ungkapnya.

10 Berita Terpopuler : Sosok Wahyu Glece yang Lagunya Dinyanyikan Happy Asmara

Menurut dia, Robby Sumampow mengajarkan kesederhanaan kepada generasi muda dengan memberikan pengarahan untuk tidak menggunakan rumah yang ditempati sebagai jaminan utang.

Robby kerap memberikan pengalaman dan inspirasi kepada generasi yang lebih muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya