SOLOPOS.COM - Warga mengambil makanan gratis yang disediakan dalam program Jumat Berkah di halaman Kantor Kecamatan Klaten Tengah, Klaten, Jumat (5/5/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Pemerintah Kecamatan Klaten Tengah menggulirkan program Jumat Berkah dengan menyediakan menu makan gratis di halaman kantor kecamatan setempat. Kegiatan itu bakal digelar rutin dengan memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM di Klaten Tengah.

Jumat Berkah perdana digelar pada Jumat (5/5/2023). Ada 100 porsi makanan yang disiapkan dengan menu masakan Padang. Menu dihidangkan di halaman kantor kecamatan setempat dan warga dipersilakan mengambil sendiri makanan sesuai porsi yang diinginkan atau prasmanan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Warga dari berbagai daerah dan latar belakang pekerjaan berdatangan untuk menikmati menu Jumat Berkah perdana yang dimulai sejak pukul 07.30 WIB. Driver ojek online, tukang becak, warga, pegawai SPBU, satpam, serta tenaga harian lepas (THL) berdatangan ke kantor kecamatan yang berdekatan dengan kompleks Pemkab tersebut.

Camat Klaten Tengah, Rizqan Iryawan, mengatakan program Jumat Berkah itu dijalankan melanjutkan program serupa yang dijalankan saat sebelumnya menjabat sebagai Camat Wedi. “Insyaallah akan dirutinkan dan alhamdulillah teman-teman di Klaten Tengah mendukung,” kata Rizqan saat ditemui wartawan di sela kegiatan Jumat Berkah perdana, Jumat.

Rizqan mengatakan kegiatan itu terbuka untuk umum. Biaya kegiatan itu berasal dari urunan para aparatur sipil negara (ASN) di Kecamatan Klaten Tengah dan didukung para donatur yang tertarik ikut berbagi pada program tersebut.

Rencananya, menu yang disajikan berganti-ganti setiap Jumat. Untuk menyajikan menu itu, Rizqan memberdayakan para pelaku UMKM di wilayah Klaten Tengah. Hal itu dimaksudkan untuk membuat laris dagangan UMKM. “Jadi kami jadwalkan misalkan Jumat ini nasi padang, kemudian soto, dan lainnya,” kata Rizqan.

Rizqan menjelaskan program Jumat Berkah di Klaten Tengah itu sebagai bagian untuk menjalin silaturahmi serta berbagi kebaikan. “Prinsipnya sekecil apa pun memberi bantuan kepada orang lain,” jelas dia.

Salah satu driver ojek online, Yusuf Wibowo, 43, mengetahui program Jumat Berkah itu dari sesama driver ojek online. “Ada program ini sangat membantu. Apalagi seperti saya yang keluarnya pagi terkadang belum sarapan. Mudah-mudahan ini bisa dilanjutkan,” kata driver asal Kecamatan Bayat itu.

Driver ojek online lainnya, Udin, 38, mengatakan secara tak sengaja mengetahui kegiatan Jumat Berkah itu. “Tadinya mau ke warung. Tahu ada ini langsung mampir sekalian membantu yang membuat acara senang,” kata driver ojek online asal Jogja itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya