SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah haji sakit. Sejumlah jemaah yang sakit saat ini masih dirawat di Arab Saudi dan akan dipulangkan atas tanggungan pemerintah jika kondisi mereka sudah memungkinkan. (Dok)

Solopos.com, KARANGANYAR–Jemaah haji asal Kabupaten Karanganyar mulai tiba di kampung halaman, setelah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Kepulangan para jemaah haji ini disambut langsung oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono di Asrama Haji Donohudan Boyolali pada Minggu (23/7/2023).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Karanganyar, Sofyan Hadi, mengatakan kepulangan jemaah haji asal Karanganyar ini terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter). Yakni kloter 57, 58, dan 59.

Kloter 57 membawa sebanyak 217 jemaah haji yang tiba di Asrama Donohudan Boyolali pukul 02.00 WIB. Satu anggota jemaah haji di Kloter ini, atas nama Agus Suwanda masih tertinggal di Madinah. Jemaah haji tersebut masih menjalani perawatan intensif di ruang ICU rumah sakit (RS) di Madinah, karena stroke.

“Sudah beberapa hari di ICU. Bapak Agus Suwanda sakit stroke. Alhamdulillah seluruh rangkaian ibadah haji sudah selesai dikerjakannya,” kata dia kepada Solopos.com.

Sofyan mengatakan untuk kedatangan jemaah haji dari kloter 58 tiba di Asrama Donohudan pukul 06.00 WIB. Kedatangan rombongan haji ini molor beberapa jam dari jadwal. Kloter tersebut membawa 355 jemaah haji asal Karanganyar. Sedangkan untuk jemaah haji Kloter 59 akan tiba di Asrama Haji Donohudan pada pukul 18.00 WIB.

Satu jemaah haji di Kloter tersebut atas nama Saptono Mitro Sudarno meninggal dunia di Tanah Suci pada Jumat (30/6/2023) lalu. Jemaah asal Kecamatan Kerjo ini meninggal dunia pukul 10.45 Waktu Arab Saudi (WAS). Ditemani sang istri, Mulyani, Saptono mengembuskan napas terakhirnya di RS Mina. Jenazah jemaah dari Kecamatan Kerjo itu langsung dimakamkan di Mekkah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya