SOLOPOS.COM - Tujuh orang menarikan Bedhaya Anglir Mendung di Jumenengan Mangkunagoro X di Pura Mangkunegaran, Rabu (1/3/2023). (Solopos.com/Nova Malinda)

Solopos.com, SOLO —Acara inti Tingalan Jumenengan Dalem Ingkang Jumeneng K.G.P.A.A Mangkunagoro X menampilkan tarian sakral Bedhaya Anglir Mendhung, Rabu (1/3/2023). Tarian khusus ditampilkan untuk peringatan kenaikan takhta raja Mangkunegaran di Pura Mangkunegaran.

Sekitar pukul 10.00 WIB, tarian sakral itu mulai ditampilkan oleh tujuh penari dengan kostum lengkap. menguatkan nuansa sakral, lantunan surat Al Fatihah dibacakan sebelum para penari tampil dalam acara jumenengan.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Tarian Bedhaya Anglir Mendhung ditampilkan dengan iringan gamelan Kyai Kanyut Mesem. Ketua Umum Tingalan Jumenengan Dalem Ingkang Jumeneng K.G.P.A.A Mangkunagoro X yang pertama, Gusti Raden Ajeng Ancillasura Marina Sudjiwo menjelaskan penari-penari tersebut semuanya masih gadis dan tidak datang bulan. Tarian tersebut menceritakan tentang peperangan Mangkunagoro I di area Ponorogo.

Terpisah Pengageng Kawedanan Mandrapura Pura Mangkunegaran K.P.H. Tjuk Susilo menjelaskan tarian itu dipentaskan tujuh gadis selama kira-kira selama 30 menit.

“Biasanya kami nyekar Mangkunegoro terdahulu minta izin supaya acara berjalan baik dan penarinya puasa sehari supaya bersih,” kata dia ditemui di Pura Mangkunegaran, Selasa (21/2/2023) sore.

Dia mengatakan tidak ada persiapan khusus bagi penari karena Pura Mangkunegaran memiliki sejumlah penari yang piawai. Mereka berlatih satu bulan sebelum upacara.

“Bedhaya Anglir Mendhung ada sejak Mangkunagoro I. Itu melambangkan Raden Mas Said pada waktu itu,” ujarnya.

Tjuk menjelaskan Mangkunagoro I memiliki laskar cukup banyak untuk melawan Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC. Laskar yang banyak seolah seperti awan atau mendung.

Tjuk mengatakan Pura Mangkunegaran mengundang sebanyak 350 tamu atau diperkirakan ada sekitar 700 orang hadir pada upacara Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunagoro X yang Pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya