SOLOPOS.COM - Koper dari para jamaah haji telah tiba di Asrama Haji Donohudan, Asrama Donohudan mulai menerima jamaah haji yang akan berangkat pada tahun 2022 mulai besok Jumat (3/6/2022) (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Seorang calon haji atau calhaj asal Kabupaten Pati nyaris gagal berangkat ke Tanah Suci dari Embarkasi Solo dikarenakan visa yang diterbitkan Pemerintah Arab Saudi bermasalah.

Calhaj tersebut seharusnya berangkat bersama kelompok terbang (kloter) kedua pada Jumat (3/6/2022) lalu namun terpaksa ditinggal karena masalah visa tersebut. Kesalahan cetak pada visa calhaj bernama Loso Muksan Sirah itu ada pada penulisan jenis kelamin.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Loso yang seorang laki-laki tertulis perempuan pada visanya. Setelah diurus, akhirnya Loso bisa berangkat ke Tanah Suci pada Kamis (9/6/2022). Selama enam hari itu ia menunggu di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin, saat diwawancarai Solopos.com, Kamis (9/6/2022), mengatakan calhaj asal Pati yang akrab disapa Pak Luso itu diberangkatkan setelah urusan visa selesai.

“Pak Luso sudah berangkat tadi, setelah urusan visanya selesai, sehingga sudah tidak ada masalah lagi,” ujar Sarip. Lebih lanjut, menurut Sarip, beberapa langkah akan dilakukan petugas Embarkasi Solo apabila nantinya akan ada kasus serupa.

Baca Juga: Arab Saudi Panas Banget, Calhaj Embarkasi Solo Dibekali Spray Wajah

“Jika nantinya ke depan ada kendala dokumen segera kami perbaiki dan koordinasi dengan pihak terkait,” ucapnya. Per hari ini, sudah ada total 2.828 calhaj yang sudah tiba di Tanah Suci dengan sembilan kloter.

Namun masih ada empat calhaj yang masih tertahan karena sakit dan kini dirawat di RSUD dr Moewardi Solo dan RS TNI AU.

Baca Juga: 6 Jemaah Calhaj Embarkasi Solo Sempat Tak Boleh Terbang, Ini Kondisinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya