SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)--Hujan yang masih mengguyur wilayah Wonogiri mengakibatkan beberapa saluran irigasi di Desa Jatimarto, Kecamatan Ngadirojo jebol. Di antaranya Dam Bercak dan talut disekitarnya, saluran irigasi Duren dan saluran dekat Jembatan Latung.

Informasi yang dihimpun Espos, Rabu (9/6), kerusakan itu telah diperbaiki oleh warga maupun kontraktor. Sutimin, warga Bercak, Jatimarto, mengatakan untuk kerusakan Dam Bercak saat ini sedang dilakukan perbaikan oleh tenaga kerja dari pemborong Dam.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Saya mendengar, pintu Dam macet dan dicoba untuk dibuka namun malah merusak talut sekitarnya. Namun hari ini (Rabu) sudah dilakukan perbaikan,” ujarnya.

Lebih lanjut Sutimin mengatakan, untuk kerusakan saluran di daerah Latung telah dilakukan perbaikan secara swadaya oleh masyarakat. Pengerjaan dilakukan secara gotong royong dan dana diambilkan dari tarikan petani yang menikmati air dari saluran itu. Menurutnya, setiap petani pemilik sawah dikenai iuran Rp 10.000 untuk beaya perbaikan. “Panjang saluran di Latung sekitar 6 kilometer.”

Selain itu, ujarnya, saluran irigasi yang masih rusak akibat longsor adalah saluran Duren. Saluran Duren mampu mengaliri lahan persawahan hingga lebih dari 100 hektare (ha). Dia yang memiliki sawah seluas 0,5 ha menjelaskan sebagian petani telah melakukan perbaikan saluran alam dengan cara menambal dengan tanah sekitar.

tus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya