SOLOPOS.COM - Sebanyak 100 anak dari berbagai daerah di Klaten mengikuti khitan atau sunatan massal gratis di RRSUD Bagas Waras Klaten, Sabtu (8/7/2023), menyambut hari jadi ke- 219 Kabupaten Klaten. (Istimewa/Pemkab Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 100 anak dari berbagai daerah di Klaten mengikuti khitan atau sunatan massal gratis yang digelar Bank Klaten, Sabtu (8/7/2023). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut hari jadi ke-219 Kabupaten Klaten.

Melansir laman resmi Pemkab Klaten, Direktur Utama PT.BPR Bank Klaten (Perseroda) Kabupaten Klaten, Tulus Yulianto menyampaikan gelaran khitanan massal tersebut digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-219 Kabupaten Klaten dan HUT ke-78 RI. 

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kegiatan yang merupakan kolaborasi dengan RSUD Bagas Waras ini juga sebagai rangkaian HUT ke-72 Bank Klaten dan HUT ke-8 RSUD Bagas Waras.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang ingin mengkhitankan anaknya namun terkendala biaya. Sekaligus mengajak masyarakat merasakan kemeriahan hari jadi ke — 219 Kabupaten Klaten yang sebentar lagi akan kita rayakan,” paparnya.

Menurutnya 100 anak yang menjadi peserta khitanan massal tersebut berasal dari 22 wilayah kecamatan. Antusiasme masyarakat terlihat dari kuota peserta yang sudah terpenuhi hanya dalam 3 hari pendaftaran.

“Hasil penjaringan peserta ada sekitar 150 anak, namu kuota yang disediakan saat ini baru 100 anak. Nanti akan kami bahas lebih lanjut apakah diperlukan kegiatan serupa yang lain. Yang jelas, masyarakat sangat antusias,” kata Tulus.

Direktur RSUD Bagas Waras Klaten, Limawan Budiwibowo menambahkan, dalam kegiatan ini seluruh layanan khitan massal ditangani tenaga kesehatan profesional RSUD Bagas Waras.

Sementara metode yang digunakan sudah mengacu pada metode khitan modern, sehingga meminimalkan rasa sakit dan pendarahan saat tindakan.

“Peserta khitanan massal juga dipersilahkan datang ke RSUD Bagas Waras untuk kontrol hasil tindakan secara gratis. Kami rawat hingga sembuh,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Klaten Jajang Prihono yang hadir secara langsung dalm kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada Bank Klaten dan RSUD Bagas Waras yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Sehingga masyarakat dapat secara langsung merasakan manfaatnya.

“Ini menjadi bukti bahwa pemerintah daerah, dalam hal ini Pemkab Klaten hadir untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini juga menjadi rangkaian hari jadi Kabupaten Klaten, bukan hanya tentang kemeriahan, namun juga kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya