SOLOPOS.COM - Personel Polres Klaten mengikuti donor darah dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-72 Humas Polri di PMI Klaten, Senin (2/10/2023). (Istimewa/Humas Polres Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Puluhan peserta mengikuti donor darah yang digelar Polres Klaten dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-72 Humas Polri di PMI Klaten, Senin (2/10/2023). Kegiatan tersebut dipimpin Wakapolres Klaten, Kompol Tri Wakhyuni dan diikuti personel Polres Klaten.

Selain personel Polres Klaten, kegiatan donor darah itu melibatkan warga setempat. Dari total 35 peserta, sebanyak 28 orang dinyatakan lolos screening dan bisa mendonorkan darah mereka.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Selain memperingati Hari Jadi ke-72 Humas Polri, kegiatan itu juga sebagai upaya Polres Klaten untuk berkontribusi membantu masyarakat di berbagai aspek kemanusiaan. Melalui kegiatan itu, Polres Klaten berharap bisa membantu ketersediaan stok darah di PMI Klaten untuk masyarakat yang membutuhkan.

“Tentunya harapannya agar benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya masyarakat wilayah kabupaten Klaten yang membutuhkan,” kata Wakapolres berdasarkan keterangan tertulis yang diterima dari Humas Polres Klaten.

Hari Jadi Humas Polri diperingati setiap 30 Oktober. Berdasarkan informasi yang dikutip dari pid.kepri.polri.go.id, Humas Polri terlahir dengan nama Dinas Penerangan Polri atau disingkat Dispenpol. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan (Skep) Dispenpol yang ditandatangani oleh Kapolri pertama Jenderal (Purn) Raden Soekanto Tjokrodoatmojo tertanggal 30 Oktober 1951.

Kemudian dalam perkembangannya, Dispenpol berkali-kali berganti nama, mulai dari Seksi Humas, Direktorat Humas, Pusat Penerangan Kepolisian. Baru pada Oktober 2002, melalui keputusan Kapolri nomor Kep53/X/2002, unit khusus di bawah Kapolri itu resmi berganti nama menjadi Divisi Humas Polri.

Divisi itu lahir sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk menghadirkan unit-unit public relation (ketika itu berakronim purel) di setiap instansi pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya