SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi (freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Persiapan kuliah luar jaringan atau tatap muka, sebanyak 1.350 civitas academica/warga Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) divaksinasi Covid-19. Rencananya kuliah luring dilakukan mulai tahun ajaran baru.

Hal tersebut diungkapkan Rektor UMS Sofyan Anif di sela-sela kegiatan vaksinasi di Gedung Edutorium UMS, Jumat (21/5/2021). “Peserta vaksinasi ini prioritasnya adalah kelompok lansia, Soloraya, warga lintas agama. Juga civitas academica karena semester depan sudah kuliah luring. Sehingga ini kami persiapkan dengan vaksinasi,” ujarnya kepada wartawan di sela-sela kegiatan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ia menambahkan bahwa kegiatan vaksinasi UMS tersebut merupakan kerja sama Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Khususnya Pusat Kesehatan Haji, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah dan Dinkes Solo.

Baca juga: Dampak Aksi Massa Gladak, Kapolresta : Korlap Aksi Akan Dipanggil

Kegiatan selama dua hari hingga Sabtu (22/5/2021) tersebut juga didukung tenaga kesehatan dari rumah sakit-rumah sakit Persyarikatan Muhammadiyah. “Pelaksanaan ini didukung RS PKU Muhammadiyah maupun RS PKU Aisyiyah. Insha allah tenaga ini cukup untuk melakukan vaksinasi kepada peserta selama dua hari di UMS. Kegiatan ini sekaligus merupakan kontribusi kami dalam bidang kesehatan supaya masyarakat Soloraya sehat sehingga mendukung aktivitas mereka,” imbuh Sofyan.

Sementara itu, Koordinator Vaksin Untuk Negeri MCCC PP Muhammadiyah, dr Umi Sjariqah mengatakan target peserta vaksinasi di Gedung Edutorium UMS ini sebanyak 2.550 orang.

“Target peserta lansia 700 orang, lintas agama 400 orang, warga Aisyiyah dan Muhammadiyah pelayan publik 100 orang, dan civitas academica 1.350 orang. Sasaran kami untuk mempercepat cakupan vaksin Covid-19 dan MCCC selalu bekerja sama dengan Kemenkes,” ujarnya.

Baca juga: Keren! UMS Solo Masuk 10 Besar Universitas Islam Terbaik Dunia

Vaksinasi Serentak

Selain vaksinasi di UMS, kegiatan lain MCCC PP Muhammadiyah yang dilakukan dalam penanganan Covid-19 di antaranya edukasi promotif dan preventif tentang Covid-19.

“Sebelumnya juga serentak vaksinasi di kantor PP Muhammadiyah Jakarta dan Yogyakarta, Universitas Sumatera Utara [Umsu] Medan 1.000 orang. Universitas Muhammadiyah Jakarta [UMJ] 1.200 orang, Universitas Prof. Dr. Hamka [Uhamka] Tangerang 700. STTM MCCC Cabang Banten 500, dan di UMS ini 2.250 peserta. Kami juga kerja sama dengan BUMN warga Muhammadiyah 10.000 peserta,” imbuhnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya