SOLOPOS.COM - Kegiatan penyerahan bantuan sembako kepada para buruh di Kantor Disnaker Solo, Senin (1/5/2023) pagi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—May Day atau Peringatan Hari Buruh 2023 pada Senin (1/5/2023) diperingati dengan suasana berbeda di Kota Solo.

Tak ada unjuk rasa seperti biasa dilakukan buruh saat memperingati Hari Buruh sebelum-sebelumnya. Seperti diakui Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 92 Solo, Endang Setiowati saat diwawancara wartawan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Menurut dia, para buruh dari sejumlah serikat pekerja mengikuti kegiatan di Kantor Disnaker Solo pada momen Hari Buruh. Mereka mendapatkan bantuan paket Sembako yang goody bag-nya bertuliskan Bantuan Presiden.

“Kami kegiatan bersama dengan teman-teman serikat buruh yang lain di Solo, dan pengurus serikat pekerja yang lain, Disnaker. Hari ini kegiatannya bertema kepedulian ke buruh. Salah satunya tadi pembagian sembako,” ujar dia.

Menurut Endang, ada sekitar 1.000 paket sembako yang dibagikan kepada para buruh dari sejumlah pabrik yang ada di Solo. Para buruh yang mendapatkan bantuan itu dari perusahaan yang ada serikat pekerja atau serikat buruhnya.

“Bantuan sembako tadi untuk teman-teman pekerja formal di perusahaan-perusahaan atau pabrik yang ada serikat pekerjanya. Teman-teman buruh formal, di pabrik-pabrik,” kata dia. Sumber bantuan itu dari pemerintah.

Endang mengakui bantuan sembako itu menggunakan bungkus bertuliskan Bantuan Presiden. Tapi dia tidak tahu persis dari mana sumber bantuan itu. Dia tak memungkiri bisa saja bantuan tersebut berasal dari Presiden Jokowi.

Sebab Presiden berasal dari Solo dan putranya, Gibran Rakabuming Raka, kini menjadi Wali Kota Solo. Disinggung aksi unjuk rasa atau penyampaian aspirasi di momentum Hari Buruh 2023 di Solo, menurut dia tidak dilakukan.

Hal itu, menurut dia, merupakan otoritas dari masing-masing organisasi serikat pekerja, bukan karena intervensi pemerintah atau aparat penegak hukum.

“Untuk tidak adanya aksi itu otoritas dari setiap serikat pekerja Solo,” urai dia.

Endang mengatakan sebagai bagian peringatan Hari Buruh 2023 akan digelar kegiatan bersama olahraga pada 4-6 Mei 2023. Kegiatan itu seperti senam, lomba tenis meja, futsal, dan berbagai cabang olahraga lainnya.

“Untuk yang selanjutnya ada kegiatan olahraga bersama 4-6 Mei 2023, masing-masing dengan berbentuk kegiatan olahraga, ada senam, ada tenis meja, ada futsal begitu. [Aksi unjuk rasa] Di Solo enggak ada,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya