SOLOPOS.COM - Ketua Takmir Masjid Baitul Akrom Gumantar dan Ketua RT setempat melepas rombongan jalam sehat di depan Masjid Baitul Akrom Gumantar, Pelemgadung, Karangmalang, Sragen, Minggu (19/3/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Seratusan warga sekaligus jemaah Masjid Baitul Akrom Gumantar, Desa Pelemgadung, Karangmalang, Sragen, menyambut datangnya Ramadan dengan menggelar jalan sehat dan tadabur alam, Minggu (19/3/2023) pagi. Mereka berjalan dengan menyusuri jalan usaha tani dan jalan kampung sebagai wujud kegembiraan menyambut Ramadan.

Di kesempatan tersebut, panitia menyiapkan banyak hadiah bagi warga yang beruntung memperoleh undian. Kupon undian yang diedarkan sebanyak 390 lembar. Jalan sehat itu diberangkatkan Ketua Takmir Masjid Baitul Akrom, ketua RT setempat, dan ustaz masjid setempat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua RT setempat, Broto Sudarmo, menyampaikan jalan sehat ini dilakukan untuk memyambut datangnya Ramadan. Dia berpesan dalam hidup bermasyarakat harus menghargai satu sama lain. Dia mengungkapkan warga bisa menjadi bilangan prima.

“Jalankan ibadah puasa dengan ikhlas hanya untuk mengharap rida Allah SWT. Selama Ramadan, warga dituntut kebaikan karena amal kita akan ditimbang nanti di Hari Pembalasan. Kita harus rukun, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh,” ujarnya.

Ketua Takmir Masjid Baitul Akrom Gumantar, Suparno, menyampaikan jalan sehat ini wujud kegembiraan dalam menyambut datangnya Ramadan. Dia mengatakan barang siapa yang menyambut Ramadan dengan kegembiraan maka akan diharamkan dari neraka. Dia menyampaikan acara jalam sehat ini digelar setiap tahun.

“Karena tadabur alam maka rute jalannya lewat sawah-sawah sambil menikmati karunia Allah. Tetap jaga akhlak dan jaga sopan santun, selama perjalanan baca selawat dan zikir. Salah satu dosa yang sulit diampuni itu merembuk orang lain,” ujarnya.

Suparno berharap semoga bulan suci Ramadan benar-benar membawa umat muslim berhijrah menuju kebaikan dan meningjatkan keimanan. Dia menyampaikan selama Ramadan, banyak kegiatan di masjid.

“Seperti Madin dan TPA, ada taklim umum jelang buka puasa, ada takjil, ada malam tertentu salat tasbih, sahur bersama, tadarus,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya