SOLOPOS.COM - Ratusan orang dari berbagai daerah mendatangi Masjid Agung Madaniyah Karanganyar untuk melihat keindahan masjid tersebut, beberapa waktu lalu. Di bulan Ramadan nanti, masjid juga akan digunakan untuk salat tarawih berjamaah. (Solopos/ Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Keamanan alas kaki atau sandal jemaah Masjid Agung Madaniyah Karanganyar menjadi perhatian Pemkab. Untuk pengamanan, takmir akan memasang kamera CCTV yang bisa memantau situasi di area luar masjid.

Untuk diketahui, saat ini Masjid Agung Karanganyar selalu dibanjiri masyarakat, baik untuk mengikuti salat lima waktu maupun sekadar berkunjung melihat kemegahannya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Jemaah maupun pengunjung harus melepas alas kaki saat masuk masjid. Alas kaki itu ditinggal di luar teras masjid, pada batas suci yang sudah ditentukan. Karena belum ada petugas yang mengawasi, alas kaki jemaah dan pengunjung rawan dicuri.

Baca Juga: Wow! Taman Masjid Agung Karanganyar Gunakan Puluhan Jenis Tanaman Hias

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (DPUPR) Karanganyar, Asihno Purwadi, mengatakan masjid tersebut sudah dipasang kamera closed circuit television (CCTV). “Ada sekitar 20 unit kamera CCTV sudah dipasang. Tapi belum ada pengawas yang memantau display secara khusus sehingga jika ada pencurian sandal atau sepatu, belum bisa dilakukan penindakan secara langsung,” ujarnya, Jumat (25/3/2022).

Ia menilai pemantauan keamanan barang milik jemaah ini penting. Sehingga pihaknya berencana menambah unit kamera CCTV agar jangkauan pemantauan lebih luas.

“Pembangunan masjid ini tentunya berkembang dari sisi fasilitasnya. Termasuk keamanan jemaah ini penting. Sehingga nanti akan ditambah Kamera CCTV-nya. Untuk petugas pengawasannya nanti juga akan dibahas dengan tim pengelola,” ujarnya.

Baca Juga: 7 Serba-Serbi Menarik Seputar Masjid Agung Karanganyar

Selain itu, pihaknya juga tengah merancang tempat penyimpanan barang jemaah, khususnya alas kaki. Dengan fasilitas keamanan ini, pihaknya berharap jemaah dapat menjalankan ibadah atau aktivitas lainnya di masjid dengan hati tenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya