SOLOPOS.COM - Ilustrasi kloset untuk jamban keluarga sehat. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Sanitasi lingkungan, ribuan rumah di empat kelurahan di Kota Solo belum miliki jamban

Solopos.com, SOLO–Sebanyak 9.366 dari 102.837 rumah di Solo tidak memiliki jamban. Kelurahan Sangkrah, Mojosongo, Gilingan, dan Kadipiro paling banyak menyumbang rumah tidak memiliki jamban.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Seksi Penyehatan Lingkungan, Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Endang Wisnu Wardani, mengatakan dari hasil pendataan terkait jamban selama lima tahun yakni 2010-2014, ada sebanyak 102.837 rumah di Solo. Dari jumlah itu sebanyak 9.366 rumah tidak punya jamban.

“Rumah tidak memiliki jamban itu tersebar di Kelurahan Sangkrah [Pasar Kliwon], Kadipiro [Banjarsari], Mojosongo [Jebres], dan Gilingan [Banjarsari],” ujar Edang saat ditemui Solopos.com, di ruang kerjanya, Selasa (4/8/2015).

Dia mengatakan dari 93.471 rumah yang memiliki jamban itu, sebanyak 86.613 rumah masuk kriteria rumah sehat. Kreteria rumah sehat itu adalah jamban dilengkapi dengan septic tank. Sementara sebanyak 6.858 rumah jambannya tidak ada septic tank. “Sebagian besar rumah yang tidak memiliki jamban itu lokasinya berdekatan dengan sungai,” kata dia.

Dia mencontohkan di Kelurahan Sangkrah sebanyak 9.071 rumah tidak punya jamban. Warga yang tidak punya jamban itu buang air besarnya langsung ke sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya