SOLOPOS.COM - Sapi jenis Limosin bobot 6,2 kuintal milik Suparno, peternak di Pandeyan, Tasikmadu Kabupaten Karanganyar dibeli Presiden Joko Widodo untuk kurban Iduladha 2023 . Foto diambil Senin (19/6/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR–Sapi milik peternak asal Pandeyan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Suparno, yang dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kurban pada Iduladha tahun ini batal diserahkan ke Masjid Kauman Kragan, Gondangrejo.

Sapi jenis limosin bobot 6,2 kuintal yang dibeli Jokowi itu dialihkan ke Pondok Pesantren Yatim Piatu Mojosongo. Suparno mengaku pengalihan sapi kurban Presiden diterima secara mendadak pada Selasa (27/6/2023) malam.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Gara-gara informasi dadakan itu, Suparno mengambil kembali sapi yang sebelumnya telanjur diserahkan ke Masjid Kauman Kragan.

“Selasa itu sapi sudah saya serahkan ke Masjid Kauman Kragan. Tiba-tiba saya dihubungi Sekretaris Kepresidenan untuk diambil sapi itu dan diserahkan ke Ponpes Yatim Piatu di Mojosongo,” kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com, Kamis (29/6/2023).

Suparno menyerahkan sapi kurban milik Presiden Jokowi ke Ponpes Yatim Piatu Mojosongo pada Rabu pagi. Suparno mengaku tidak mengetahui ada perubahan penyerahan sapi kurban Presiden Jokowi ini. Perubahan sapi kurban diterima secara mendadak menjelang Hari Raya Iduladha.

“Ada perubahan semua. Yang Masjid Kauman Kragan pastinya tidak tahu dari mana,” kata dia.

Diketahui sapi milik Suparno dibeli Presiden Jokowi untuk kurban di Masjid Kauman Kragan, Gondangrejo.

Kepala Balai Inseminasi Buatan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah, Agus Sucipto, belum lama ini mengatakan diminta membantu mencarikan sapi untuk hewan kurban Presiden Jokowi.

Pihaknya telah menjaring sapi yang diusulkan untuk hewan kurban Presiden. Hal ini berdasarkan informasi dari dinas peternakan kabupaten/kota se-Jawa Tengah serta kelompok ternak.

“Ada 10 sapi akan digunakan untuk hewan kurban pada tahun ini, baik itu untuk ponpes maupun masjid,” kata dia.

10 sapi tersebut, lanjut dia, sembilan dialokasikan untuk wilayah Kota Solo dan satu untuk Kabupaten Blora.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, berikut daftar masjid dan ponpes yang mendapat sapi kurban Presiden Jokowi:

1. Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo.
2. Masjid Agung Solo.
3. Masjid Sheikh Zayed Solo.
4. Masjid Kauman Kragan Gondangrejo, Karanganyar.
5. Lokasi kediaman Ustadz Agus Ma’arif Solo.
6. Ponpes Al Quranly Laweyan Solo (Gus Karim).
7. Gus Lepo Mojosongo Solo.
8. Ponpes Al Muayyad, Mangkuyudan, Solo. (KH. Rozak Sofawi).
9. Masjid Tegalsari, Laweyan, Solo (KH. Idris Sofawi).
10. Masjid Roudlotul Jannah Banjarejo, Blora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya