SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Wonogiri mengevakuasi seekor sapi yang terjepit di antara kandang dan bak air di Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (22/4/2023). (Istimewa/Ayiep Donni LS).

Solopos.com, WONOGIRI–Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Wonogiri mengevakuasi seekor sapi yang terjepit saat Lebaran 2023, Sabtu (22/4/2023).

Sapi milik warga Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri itu terjepit di antara kandang dan bak air.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Anggota Tim Penyelamat Damkar Wonogiri, Ayiep Donni L.S., mengatakan sapi terjepit itu milik warga Dusun Gempeng, Desa Jaten, Sarwono. Semula pada Jumat (21/4/2023) sapi itu tidak bisa berdiri seperti mengalami kelumpuhan, kemudian Sarwono mengundang petugas kesehatan hewan untuk mengobati dengan cara divaksin. Setelah divaksin, sapi itu tetap kesulitan berdiri.

Pada Jumat malam, sapi betina tersebut berjalan keluar kandang. Nahas hewan ternak itu justru terjepit di antara kandang dan bak air.

Kejadian itu awalnya tanpa sepengetahuan Sarwono. Ia baru tahu kejadian itu Sabtu pagi. Sarwono mencoba menyelamatkan sapi malang itu dibantu sejumlah warga. Namun tidak kunjung berhasil.

“Kemudian dia memanggil Damkar Wonogiri pada Sabtu pagi. Saat dapat laporan itu kami langsung meluncur ke sana,” kata Donni kepada Solopos.com, Sabtu siang.

Menurut Donni sapi terlepas dari jepitan pada pukul 09.30 WIB. Proses evakuasi membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit. Saat proses evakuasi, petugas terkendala kondisi sapi yang lumpuh, tubuh sapi juga sudah lemas sehingga menyulitkan petugas saat mengikatkan tali ke tubuh sapi dan menariknya.

“Setelah sapi terlepas dari jepitan, petugas berusaha agar sapi tidak stres,” ujar dia.

Dia menambahkan pada proses evakuasi itu, ada lima personel Damkar Wonogiri yang bertugas. “Dari hati sudah tertanam kemanusiaan. Kami siap bertugas kapanpun melayani masyarakat, termasuk saat Lebaran,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya