SOLOPOS.COM - YANG TERSISA -- Bangunan bekas pabrik es Saripetojo yang kini tinggal kerangka. Sesuai rekomendasi BP3 Jateng, bangunan pabrik itu boleh dibongkar, namun bekas rumah dinas manajer harus dipertahankan. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

YANG TERSISA -- Bangunan bekas pabrik es Saripetojo yang kini tinggal kerangka. Sesuai rekomendasi BP3 Jateng, bangunan pabrik itu boleh dibongkar, namun bekas rumah dinas manajer harus dipertahankan. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

SOLO – Proses perencanaan dan pembangunan hotel di bekas kompleks Pabrik Es Saripetojo, Solo, akan dipantau ketat oleh Pemkot Solo. Meski sudah ada lampu hijau dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jateng dan Pemkot Solo mengenai pembongkaran bangunan bekas pabrik es Saripetojo, tidak berarti pihak investor bisa bebas membangun.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Walikota Solo, Joko Widodo, Rabu (13/6/2012) menegaskan, sesuai rekomendasi BP3, selain bangunan rumah dinas manajer, yang harus dipertahankan adalah ornamen jendela bangunan pabrik sebagai pengingat bahwa dulu di situ pernah berdiri pabrik es. “Ya kami akan lihat nanti konsepnya seperti apa. Sesuai atau tidak dengan rekomendasi dari BP3 maupun DTRK (Dinas Tata Ruang Kota-red). Biasanya sebelum membangun hotel, investor kan pasti paparan ke saya. Tapi sampai saat ini belum,” jelas Jokowi.

Jokowi bahkan mengaku belum bertemu dengan Direktur PT Citra Mandiri Jawa Tengah (CMJT), Sayuti. “Bilangnya sih mau menemui saya, tapi sampai sekarang kok belum,” imbuhnya. Selain konsep dan ornamen bangunan, Jokowi menambahkan yang harus diperhatikan adalah analisa dampak lingkungan dan lalu lintas. Sebab, kawasan itu termasuk sangat ramai dan rawan kemacetan.

Sayangnya, hingga berita ini disusun, Direktur PT CMJT, Sayuti belum juga berhasil dihubungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya