SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video aktivitas balap lari di kawasan Kota Barat, Solo, Minggu (13/9/2020) malam. (Instagram @infobalaplarisolo)

Solopos.com, SOLO -- Satlantas Polresta Solo menegaskan penggunaan jalan raya sebagai lokasi balap lari tidak bisa dibenarkan. Apalagi, aktivitas itu sampai menutup jalan raya dan menganggu arus lalu lintas.

Kasatlantas Polresta Solo Kompol Afrian Satya Permadi menyampaikan hal tersebut dalam wawancara dengan Solopos.com, Kamis (17/9/2020).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Wali Kota Solo Terbitkan SE Baru Terkait Protokol Kesehatan, Perhatikan 6 Poin Penting Ini!

Menurutnya, pada masa pandemi saat ini pelaksanaan kegiatan harus mengacu pada izin Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19.

"Asal jangan jalan raya boleh saja tapi harus ada izin dari Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Solo. Pertandingan pertama dulu kan tidak ada izin, jadi Tim Gabungan Patroli membubarkannya," ujar Kasatlantas mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

Sanksi Pengendara Mobil Tak Tertib Pakai Masker Tuai Protes, Ini Penjelasan Kasatpol PP Solo

Ia menambahkan jika tidak memperoleh rekomendasi dari Tim Gugus Tugas, petugas bisa saja membubarkan aktivitas balap lari jalan raya Solo itu.

Sementara itu, inisiator Balap Lari Solo, CEL, 19, memastikan kegiatan yang ia gagas mengutamakan protokol kesehatan.

Kebakaran Pabrik Telukan Sukoharjo: Banyak Bahan Mudah Terbakar Bikin Api Sulit Padam

Menurutnya, seluruh orang yang datang ke lokasi balap lari wajib pakai masker sesuai protokol. "Penonton juga kami arahkan untuk selalu menjaga jarak," ujarnya.

Situasi Lalu Lintas

Ia menyebut pemilihan lokasi balap lari yakni jalan raya Solo memperhatikan situasi kondisi lalu lintas dan jauh dari permukiman.

Penyerangan Warga PSHT, Eddy Wirabhumi: Waspadai Skenario Besar Untuk Kacaukan Solo!

Selain itu, segala aktivitas yang melanggar hukum seperti minum miras hingga berjudi ia larang keras. "Kami tetap mengutamakan kendaraan yang melintas," paparnya.

Sebagai pendiri Balap Lari Solo, ia mengakui pertandingan balap lari pertama tanpa persiapan matang. Beberapa menit seusai mengunggah informasi via media sosial, puluhan pesan masuk untuk mendaftar sebagai peserta lari.

Istri Pemilik RM Ayam Goreng Pak Cipto Sukoharjo Meninggal, Pemulasaraan Jenazah Pakai Protokol Covid-19

"Kami hanya berolahraga seperti pada umumnya dan ternyata responsnya sangat luar biasa. Banyak sekali yang mendaftar pertandingan pertama," paparnya.

Balap lari jalan raya Solo itu kali pertama berlangsung Minggu (13/9/2020) malam namun tim gabungan membubarkan aktivitas tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya