SOLOPOS.COM - Ilustrasi lampu light bar pada mobil damkar. (ileritrafic.com)

Solopos.com, SRAGEN — Kepala Satpol PP Sragen, Agus Winarno, mengatakan mobil Damkarnya sudah menyalakan sirine dan lampu strobo saat terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Alun-alun Sasana Langen Putra, Selasa (8/3/2022). Dengan kondisi sirine dan lampu strobo atau light bar menyala, mobil Damkar itu sedang berada dalam situasi darurat dan berhak mendapat prioritas di jalan.

“Jadi ada bunyi sirine dan menyalakan light bar merupakan kendaraan dalam kondisi harus mendapat prioritas di jalan. Pengguna jalan lainnya harus memberi ruang khusus bagi kendaraan yang menghidupan sirine dan lampu rotator karena sifatnya darurat sehingga harus cepat sampai sasaran,” jelas Agus saat ditemui Solopos.com di kantornya.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Berdasarkan Pasal 134 UU No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Agus menyebut ada tujuh jenis kendaraan yang mendapatkan prioritas atau hak utama yang didahulukan saat di jalan. Mobil Damkar merupakan kendaraan pertama yang mendapat prioritas utama saat di jalan.

Baca Juga: Motor Tabrak Mobil Damkar di Sragen, 1 Meninggal, 1 Koma

Selain mobil Damkar, ujar dia, ada ambulans, kendaraan untuk pertolongan kecelakaan lalu lintas, kendaraan pimpinan lembaga negara, kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara; kendaraan iring-irangan pengantar jenazah, dan kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Polri.

Agus menambahkan mobil Damkar yang mengalami kecelakaan itu, masih terhitung baru karena hasil pengadaan tahun 2021 dengan pelat nomor AD 9004 XY. Kecelakaan yang melibatkan mobil damkar dalam keadaan darurat ini baru kali pertama terjadi di Sragen.

Mobil Damkar itu tengah mengikuti kegiatan simulasi dan inspeksi pemadaman kebakaran di RS Ibnu Sina dan RS Restu Ibu. “Simulasi pemadaman kebakaran itu sifatnya juga darurat. Tangkil mobil Damkar itu selalu penuh air setiap harinya,” ujarnya.

Baca Juga: Begini Kronologi Kecelakaan Maut Motor Tabrak Mobil Damkar Sragen

Dengan menyalakan bunyi sirine dan light bar, lanjut Agus, mobil Damkar tidak berhenti meski lampu lalu lintas menyala merah. Bagi pengguna jalan lain dari arah lampu lalu lintas menyala hijau bisa tetap melaju namun pelan dan memberikan jalan kepada mobil Damkar.

Agus mengklaim pengemudi Damkar yang mengalami kecelakaan adalah sopir berpengalaman. “Kami memiliki tiga pengemudi mobil Damkar dan mereka berpengalaman selama bertahun-tahun. Termasuk E yang menjadi sopir mobil Damkar baru saat terjadi kecelakaan juga sudah berpengalaman,” katanya.

Agus menyampaikan Satpol PP siap dimintai keterangan Polres Sragen . Setelah proses tahapan penyelidikan dan penyidikan selesai, Agus berniat bersilaturahmi ke rumah korban.

Baca Juga: Damkar Sragen yang Terlibat Kecelakaan Maut Sedang Jalani Simulasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya