SOLOPOS.COM - Suasana Taman Balekambang, Solo, saat uji coba menerima kunjungan wisata, Rabu (1/9/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Malam Grand Final Putra Putri Solo (PPS) 2021 diselenggarakan secara hybrid di Open Stage Taman Balekambang, Solo, Sabtu (13/11/2021).

Hanya ada 19 finalis putra dan putri yang ikut kompetisi di malam final tersebut. Salah satu finalis mengundurkan diri karena sakit.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pemilihan PPS 2021, Ray Febri Hapsari Dipokusumo, saat menyampaikan laporan pertanggungjawaban di awal acara.

“Akhirnya kami kembali melaksanakan PPS setelah vakum pada 2020. Nanti malam hanya 19 yang akan tampil, satu orang mengundurkan diri karena alasan sakit,” kata dia.

Baca Juga: UMK Tahun 2022, Begini Pesan Gubernur Ganjar & Rudy

Antusias PPS tahun ini cukup tinggi. Proses diawali pada 1 November diawali tes tulis yang diikuti 148 peserta. Selanjutnya mereka diseleksi minat dan bakat serta sejumlah tes lain. Sampai akhirnya terpilih 10 pasang putra dan putri.

Febri menjelaskan bahwa PPS 2021 didukung sejumlah komunitas anak muda saat pembekalan. Termasuk Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan sang isteri Selvi Ananda yang merupakan Putri Solo 2009.

“Dukungan para komunitas muda ini sebagai bukti kecintaan anak muda pada budaya Solo. Kami berterimakasih bapak Walikota dan ibu Selvi Ananda yang merupakan Putri Solo 2009 mendampingi peserta sejak saat pembekalan,” kata Febri.

Baca Juga: Dalam Guyuran Hujan, Satrio dan Olivia Raih Gelar Putra Putri Solo 2021

Bianca Jodie Maurinne Jadi Bintang Tamu

Grand Final PPS 2021 dihadiri lima dewan juri. Mereka adalah Febri Dipokusumo sebagai perwakilan paguyuban, Ketua  Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Solo, Retno Wulandari, Pengamat Budaya Tunjung W Sutirto, serta dua perwakilan pemuda Solo yakni Bambang Nugroho dan Elizabeth Sudira.

Sementara, malam grand final dimeriahkan penyanyi jebolan Indonesian Idol musim kesembilan, Bianca Jodie Maurinne, atau dikenal Brisia Jodie Maurinne.

Brisia merupakan penyanyi yang cukup aktif membuat merilis lagu. Di antaranya Dengan Caraku dan Seandainya pada 2018. Pada 2019 ia kembali mengenalkan single Kisahku, Rekah, Sejauh Dua Benua, Tak Bisa, dan Mantan Teman.

Disusul beberapa judul lain pada 2020 dan 2021, di antaranya Hari Esok Lusa, Tak Bisa, dan Mantan Teman. Selain menyanyi, Jodi, juga menekuni dunia akting dalam film pendek Matchalatte, dan Denting Kematian.

Baca Juga: Haul Habib Ali Kembali Digelar, Polda Jateng Minta Jemaah Tak ke Solo

Mengusung tema Salam Hanggayuh Kuncaraning Nagari, acara tersebut disiarkan melalui kanal YouTube Pariwisata Solo dan GibranTV. Kompetisi tahunan ini diselenggarakan untuk mengajak anak muda nguri-uri budaya dan mempromosikan budaya Kota Solo.

Di akhir acara, Satrio Wahyu Priambodo, 18, dan Olivia Firdaus, 20, terpilih sebagai peraih gelar Putra Putri Solo (PPS) 2021 yang diadakan secara hybrid di Open Stage Taman Balekambang, Sabtu (13/11/2021) malam. Pemberian piala penghargaan diberikan langsung oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan istri, Selvi Ananda Putri.

Satrio Wahyu Priambodo, 18, merupakan alumnus Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA N) 1 Solo perwakilan Kecamatan Pasar Kliwon.

Sementara, Olivia, 20, merupakan perwakilan dari Jebres. Saat ini ia masih kuliah Semester V Jurusan Ilmu Lingkungan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya