SOLOPOS.COM - Tim SAR gabungan melakukan pencarian terhadap dua orang korban longsor di Dukuh Secang, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Sragen, Minggu (3/3/2024) malam. (Istimewa/PSC 119 Sukowati)

Solopos.com, SRAGEN—Bencana tanah longsor melanda Dukuh Secang RT 022, Desa Jetis, Kecamatan Sambirejo, Sragen, saat hujan mengguyur, Minggu (3/3/2024) pukul 18.00 WIB. Tiga orang yang merupakan satu kelurga menjadi korban dalam musibah tersebut.

Satu orang di antaranya ditemukan dalm kondisi meninggal dunia dan dua orang lainnya masih dalam pencarian. Sementara 14 keluarga lainnya mengungsi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen, Giyanto, kepada Solopos.com, Senin (4/3/2024), mengungkapkan peristiwa tanah longsor itu berawal dari hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Jetis pada pukul 14.00 WIB dalam durasi yang cukup lama.

Akibatnya, terjadi tanah longsor yang melanda salah satu rumah di Dukuh Secang RT 022. Tebing yang longsor itu, ujar dia, setinggi 35 meter dengan lebar 20 meter.

“Longsoran tanah yang menimpa satu rumah itu mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan dua orang masih dalam pencarian. Tebing tersebut rawan longsor sehingga mengancam rumah lainnya,” ujarnya.

Dia mengatakan korban meninggal dunia itu diketahui bernama Tarmi, 63. Sedangkan dua koran yang belum ditemukan bernama Darmadi, 39, dan anak berumur enam tahun, Nasa. Mereka tinggal dalam satu rumah.

Giyanto mengatakan untuk antisipasi sebanyak 14 keluarga terpaksa mengungsi, yang terdiri atas keluarga Supriyanto, Citro Saiman, Suyanto, Sarmin, Maryanto, Sumadi, Sugiyo, Sukimin, Aris, Didik, Padmo Sono, Sakiman, Yadi, dan Wandi.

Giyanto menerangkan korban meninggal atas nama Tarmi ditemukan pada Minggu pukul 20.00 WIB. Korban sempat divisum pihak puskesmas dan kepolisian kemudian diserahkan kepada keluarga.

Pencarian dua korban lainnya, kata dia, dimulai lagi pada Senin pagi ini. Dalam pencarian itu, ujar dia, melibatkan 100 orang personel, yakni BPBD, TNI, Polri, Kecamatan Sambirejo, Puskesmas Sambirejo, Perangkat Desa Jetis, PSC 119 Sukowati, dan sejumlah SAR gabungan lainnya.

Identitas Korban longsor

  1. Tarmi, 63, perempuan meninggal dunia
  2. Darmadi, 39, laki-laki dalam pencarian
  3. Nasa, 6, perempuan dalam pencarian

Korban selamat

  1. Lagiman, 63, laki-laki.

Sumber: BPBD Sragen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya