SOLOPOS.COM - Ilustrasi mahasiswa. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO — Siswa sekolah menengah atas atau SMA dinilai belum memanfaatkan secara maksimal peluang beasiswa kuliah di perguruan tinggi luar negeri. Padahal potensi kuliah di luar negeri dengan beasiswa itu dinilai terbuka lebar.

Karena itulah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Cabang VII Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Suyanta mendirong siswa SMA mencari informasi lebih banyak tentang beasiswa kuliah di luar negeri.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

4 Tempat di Tata Surya Ini Paling Mungkin Dihuni Alien

Dipaparkannya kemudian peluang untuk mendapatkan beasiswa bagi siswa Indonesia, termasuk yang berasal dari wilayah Solo atau Soloraya cukup besar. Sayangnya, beasiswa tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal oleh siswa.

Banyak Pilihan

“Sebenarnya ada banyak sekali beasiswa kuliah di luar negeri. Mulai dari beasiswa yang disediakan oleh kampus-kampus itu sendiri, pemerintah negara setempat, maupun beasiswa dari pemerintah Indonesia seperti yang disediakan LPDP [Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Kementerian Keuangan]. Sayangnya, ini kurang dimanfaatkan oleh para siswa,” ujarnya kepada Solopos.com, pekan lalu.

Album Baru BTS Be (Deluxe Edition) Rilis 20 November

Menurutnya, hal ini bisa disebabkan karena kurangnya minat siswa untuk kuliah di luar negeri atau kurangnya sosialisasi. “Bisa jadi karena kurang sosialisasi sehingga para siswa tidak tahu bahwa orang yang tidak mampu pun bisa kuliah di luar negeri,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, ia mendorong siswa untuk aktif mencari informasi mengenai beasiswa luar negeri tersebut. Informasi ini bisa didapat melalui pameran-pameran pendidikan. Siswa juga bisa mencari informasi di website kampus atau website penyedia beasiswa.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya