SOLOPOS.COM - Peserta estafet tunas kelapa memasuki halaman Kwarcab Pramuka Solo, Rabu (23/8/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Sebanyak 61 pasukan inti Kwartir Ranting (Kwaran) Pramuka 03 Kecamatan Pasar Kliwon melakukan Estafet Tunas Kelapa (ETK), Rabu (23/8/2023). Peserta menempuh jarak sekitar enam kilometer dimulai dari SD Marsudirini Solo hingga Kwarcab Pramuka Kota Solo.

Ketua Panitia, Asmuni, mengatakan ETK tersebut diselenggarakan antarkecamatan di Kota Solo.  Dimulai dari Jebres, Pasar Kliwon, Banjarsari, dan Laweyan. Sebelum nantinya dari Laweyan berlanjut ke wilayah Boyolali.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Ini memang acara antarwilayah kemarin, posisi tunas kelapa dari ISI Solo, kemudian dari ISI Solo diestafet di sini [Pasar Kliwon]. Setelah itu kita estafetkan lagi ke Banjarsari, kita nanti berhenti di Kwarcab Kota Solo,” kata dia ketika ditemui Solopos.com, Rabu (23/8/2023).

Dia mengatakan yang membawa tunas yakni para peserta yang berasal dari SMP dan SMA. Sedangkan peserta dari SD Marsudirini menampilkan perkusi guna menyambut kedatangan tunas kelapa.

“Jadi ETK itu dilombakan, penyambutannya seperti apa, makanya kita persiapkan dan teman-teman dari SD menampilkan bakat mereka,” lanjut dia. Dia mengatakan turut mengundang kepengurusan di tingkat kelurahan dan sekolah.

Asmuni menyebut acara tersebut bertujuan menjaga semangat generasi muda guna mengikuti serangkaian kegiatan Pramuka. “Menyemangati tentang pentingnya Pramuka bagi generasi muda,” kata dia.

Dia mengatakan selama ini masih minim antusias meski sudah berkali-kali ada kegiatan seperti pesta siaga dan estafet tunas kelapa. “Menumbuhkan jiwa-jiwa Pramuka pada generasi muda,” kata dia.

Diketahui, ETK sudah menjadi tradisi khas dalam kegiatan kepramukaan di Jawa Tengah. Tradisi ini tak hanya mewakili identitas khas gerakan Pramuka, melainkan juga berperan penting sebagai elemen yang perlu dijaga dan ditingkatkan. 

ETK juga berperan guna mencapai tujuan utama Gerakan Pramuka, yakni membentuk individu yang memiliki karakter, kepribadian, dan moral yang tinggi. Selain itu, tujuan lain dari ETK adalah mendekatkan Gerakan Pramuka dengan masyarakat umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya