SOLOPOS.COM - Ria Sumaningsih, 38, menunjukkan foto suaminya yang meninggal dunia di Pahang, Malaysia, kepada wartawan di kediamannya, di Dukuh Pohireng, Desa Guworejo, Karangmalang, Sragen, Kamis (3/8/2023). (Solopos.com/Tri rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Ria Sumaningsih tak bisa menyembunyikan kesedihannya yang mendalam ketika mendapat kabar suaminya, Darwanto, 43 meninggal dunia di Malaysia. Perempuan 38 tahun warga Dukuh Pohireng RT 024/RW 008, Desa Guworejo, Kecamatan Karangmalang, Sragen, itu menyebut suaminya mendadak romantis beberapa saat sebelum meninggal dunia.

Darwanto merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di negeri jiran, Malaysia, sejak 2016. Terakhir, ia bekerja sebagai supir kendaraan berat di perusahaan penebang kayu untuk tripleks. Sejak merantau, bapak dua anak itu belum sekalipun pulang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ia dikabarkan meninggal di Pahang, Malaysia pada Selasa (1/8/2023) ini setelah menderita sakit yang tak dijelaskan. Meski menerima dengan ikhlas sebagai takdir Ilahi, kepergian Daryanto tetap saja terasa menyesakkan dada Ria.

“Sakitnya suami saya itu hampir sebulan. Suami bilang ke saya saat telepon itu sakit migrain. Kemudian saya minta berobat. Kalau sakit di kepalanya sudah mendingan akan cukur rambut. Sebelum sakit itu, dua pekan ponselnya tidak bisa dihubungi. Saat tersambung bilangnya ponselnya rusak, tetapi ternyata jatuh sakit,” ujar Ria saat berbincang dengan wartawan, Kamis (3/8/2023) siang.

TKI Sragen Meninggal di malaysia
TKI asal Dukuh Pohireng RT 024/RW 008, Desa Guworejo, Kecamatan Karangmalang, Sragen, Daryanto, semasa hidup. (Istimewa)

Kontak terakhir dengan suaminya terjadi pada 26 Juli 2023 sebelum sakit. Ria merasa suaminya tidak ingin membuatnya khawatir. Sebelum meninggal, Daryanto yang biasa memanggilnya “dik”, tiba-tiba memanggilnya “sayang”.

“Sejak itu, beliau memanggil saya dengan sapaan sayangku. Padahal sebelumnya hanya menyapa dik. Itu dua pekan sebelum dirawat di rumah sakit. Ya, seperti ingin menenangkan saya,” kata Ria sembari menangis.

Jenazah Daryanto rencananya tiba di Tanah Air pada Minggu (6/8/2023). Daryanto meninggalkan istri dan dua anak yang masih duduk di bangku SMP dan SD. “Rencana Jumat [4/8/2023] pengambilan jenazah di rumah sakit. Sabtu (5/8/2023), jenazah diterbangkan ke Jakarta. Kemudian Minggunya, jenazah tiba di Solo. Jadwal itu sudah diberitahu dari agen yang mengurus pemulangan jenazah di Malaysia,” jelas Ria.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya