SOLOPOS.COM - Yatiem, 53, warga Gendayakan, Paranggupito, Wonogiri menangis memeluk kaki Puan Maharani. Puan Maharani menghadiri acara Peresmian Keran Air Bersih di Gendayakan, Paranggupito, Wonogiri, Selasa (26/4/2022). (Solopos.com/Muhammad D. Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Yatiyem, 53, seorang warga Gendayakan, Paranggupito, Wonogiri menangis terharu. Dia tak menyangka akan ketiban rezeki nomplok. Ia mendapatkan uang 1.000 dolar AS dan Rp20 juta dari Ketua DPR RI 2019-2024, Puan Maharani.

Hal itu berawal saat Yatiyem ditunjuk Puan Maharani maju ke atas panggung pada acara Peresmian Keran Air Bersih di Gendayakan, Paranggupito, Wonogiri, Selasa (26/4/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Di hadapan Puan Maharani, Yatiyem berhasil menjelaskan jenis-jenis ikan yang biasa dikonsumsi masyarakat Paranggupito, Wonogiri. Tidak hanya itu, dia juga mampu menjawab tantangan dari Puan Maharani menyebutkan lima identitas yang melekat pada Ketua DPR RI itu.

“Ibu [Yatiyem] tahu saya siapa? Jangan-jangan ibu enggak tahu. Masak sudah jauh-jauh rawuh ke sini ternyata enggak tau saya ini sapa. Manggil Mbak Puan-Mbak Puan, tapi enggak tahu saya siapa. Coba sebutkan lima hal yang ibu tahu dari saya. Paun Maharani itu siapa sih?,” kata Puan Maharani.

Yatiyem kemudian menjawab tantangan tersebut. Awalnya dia kesulitan menjawab. Dia hanya mampu menyebutkan dua hal pertama. Namun akhirnya berhasil menjawab semua hal tersebut setelah diberi clue oleh Puan.

Baca Juga: Puan: Jangan Ada yang Telat Bayar THR!

“Ketua DPR RI, anaknya Megawati, cucunya Pak Soekarno, calon presiden, dan Ketua PDI,” jawabnya kepada Puan.

Setelah tantangannya terjawab, Ketua DPR RI yang diwacanakan menjadi calon Presiden RI 2024 itu kemudian memberikan tawaran hadiah kepada Yatiyem.

“Ibu mau apa dari saya? Hlo kok malah menangis. Ibu mau apa? Pengin apa gitu” ujar Puan.

Baca Juga: Senyuman Puan Warnai Pengesahan RUU TPKS Jadi Undang-Undang

Sempat ragu dan bingung, Yatiyem kemudian menjawab sedang butuh uang untuk modal nikah anaknya. Ia mengaku akan menikahkan anak perempuannya.

Mendengar hal tersebut, Ketua DPR RI itu mengatakan dengan tegas akan membiayai pernikahan anak perempuan Yatiyem.

Yaudah kawinannya saya yang bayarin,” ucap Puan.

Baca Juga: Mengenal Masjid At Taufiq, Masjid Unik Puan Maharani untuk Sang Ayah

Senang

Sebelum kembali ke tempat duduk, Yatiyem sempat menangis tersedu hingga memeluk kaki Puan Maharani. Sembari tersedu-sedu, Warga Gendayakan itu menuturkan sangat senang bisa bertemu Puan. Dia sama sekali tidak menduga akan ditunjuk Puan ke panggung.

“Alhamdillah, senang. Aku enggak mengira kalau mau dipanggil ke sana [panggung],” ungkap Yatiyem saat ditemui Solopos.com, Selasa.

Yatiyem mengatakan sempat mengutang Rp20 juta untuk menikahkan anak perempuannya. Uang yang dia dapatkan akan digunakan untuk membayar utang dan biaya pernikahan anaknya.

Baca Juga: Puan Maharani Persembahkan Masjid At Taufiq untuk Mendiang Ayah

Pada kesempatan itu, Puan Maharani meresmikan program keran air bersih untuk masyarakat Gendayakan, Paranggupito, Wonogiri. Sebelum ada program itu, masyarakat di sana harus membeli air seharga Rp150.000 per tangki sekadar untuk minum dan mandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya