SOLOPOS.COM - Logo karya salah satu finalis yang gugur gara-gara kesalahan menuliskan angka tahun. (Instagram @gibran_rakabuming)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo sedianya memilih satu pemenang dan tiga finalis yang mendapatkan hadiah dalam lomba desain logo HUT atau Hari Jadi ke-278 Kota Solo tahun 2023. Namun, satu finalis dinyatakan gugur karena salah menuliskan angka tahun.

Seharusnya sesuai ketentuan lomba, logo mencantumkan tanggal 17 Februari 1745-17 Februari 2023. Namun, salah satu finalis yang terpilih ternyata mencantumkan angka 17 Februari 1945-17 Februari 2023. Meski terkesan kesalahan ringan, namun efeknya cukup fatal karena Kota Solo lahir pada 1745, bukan 1945.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Salah satu anggota tim juri lomba logo Hari Jadi ke-278 Kota Solo, Irfan Sutikno, saat diwawancarai Solopos.com, Jumat (16/12/2022), mengaku menyayangkan gugurnya finalis tersebut pada uji publik. Menurutnya, sang kreator sudah berangkat dari ide yang benar.

Kreator logo tersebut mengangkat gapura koridor Gatot Subroto dalam karyanya yang mirip gapura Keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran. Walau dari sisi finishing dan pemilihan font masih bisa disempurnakan.

Namun, lantaran kekeliruan kecil karya yang sudah melaju hingga empat besar tersebut harus terpaksa tereliminasi. Apalagi, dalam tahapan uji publik melalui akun media sosial Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, kesalahan kecil itu tak luput dari mata jeli netizen.

Baca Juga: Sisihkan 804 Pesaing, Warga Kendal Juarai Lomba Logo Hari Jadi Ke-278 Kota Solo

“Publik jeli dan memberikan komentar. Meskipun hanya salah tulis teks tetap gugur karena bagaimana pun kami melibatkan publik,” jelasnya anggota tim juri lainnya, Sri Hastjarjo.

Sebelumnya, tim juri lomba desain logo HUT atau Hari Jadi ke-278 Kota Solo memilih empat karya sebagai finalis untuk diuji publik melalui media sosial. Uji publik dilakukan untuk memastikan keaslian atau orisinalitas karya tersebut.

Dari uji publik itu kemudian terpilih satu karya milik Achyal Munif, warga Desa Karangmalang Wetan, Kecamatan Kangkung, Kendal, Jateng, sebagai juara. Pemkot Solo akan memberikan hadiah senilai Rp10 juta kepada sang juara.

Achyal yang beralamat KTP Kendal, kini berdomisili di Desa Manunggal, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Karya Achyal yang berupa desain logo dengan visual kupu-kupu warna merah itu berhasil menyingkirkan 804 karya peserta lain dari berbagai daerah.

Baca Juga: Cakep-Cakep, Ini 4 Karya Finalis Lomba Desain Logo Hari Jadi Ke-278 Kota Solo

Sedangkan dua karya lain masing-masing milik Sri Rejeki dari Solo dan Setyawan Agus Subari asal Boyolali terpilih sebagai finalis dan berhak mendapat hadiah uang Rp2 juta per orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya