SOLOPOS.COM - Api membakar rumah warga Dukuh Ngreni, Desa/Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, pada Rabu (20/9/2023) dini hari. (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Rumah yang didominasi kayu di Dukuh Ngreni, Desa/Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, ludes terbakar pada Rabu (20/9/2023) dini hari. Kebakaran terjadi saat seluruh penghuni rumah sedang tidur.

Meskipun demikian, semua penghuni rumah berhasil selamat. Kerugian materiil akibat kebakaran itu diperkirakan mencapai Rp150 juta.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kasi Bimbingan dan Pengembangan Pemadam Kebakaran (Damkar) Boyolali, Mochamat Supriyatin, mengatakan rumah tersebut milik warga setempat bernama Suyatno.

Damkar Boyolali menerima laporan rumah warga Simo itu terbakar pada Rabu pukul 02.45 WIB. Kemudian, api mulai dipadamkan kru pemadam pada pukul 03.10 WIB-03.55 WIB.

“Barang yang diselamatkan tidak ada. Jadi ludes terbakar, bangunan yang terbakar berukuran 8 meter x 12 meter,” kata dia kepada Solopos.com, Rabu (20/9/2023).

Lebih lanjut, Supri mengatakan tiga unit truk pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk memadamkan api di rumah Suyatno. Ada 12 kru Damkar Boyolali dibantu personel Koramil dan Polsek Simo.

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Simo, Boyolali, Jonet Anton Andriyanto, mengatakan empat orang penghuni rumah sedang tidur saat rumah mereka terbakar.

Walaupun begitu, semua penghuni berhasil selamat termasuk satu orang lansia yang harus digendong saat evakuasi. Ia mengungkapkan penyebab kebakaran diduga dari tumpukan arang tungku dapur yang belum padam.

“Kerugiannya mencapai seratusan juta rupiah berupa bangunan, surat berharga, mesin pompa alkon, uang, dan semua perabotan habis terbakar,” kata dia.

Saat ini pemilik rumah tinggal sementara di rumah keluarga ketua RT setempat. Pemerintah Desa (Pemdes) Simo juga telah memberikan bantuan berupa sembako dan bantaun pemugaran rumah.

“Hari ini tim dari Dinsos, PMI, dan Baznas Boyolali juga menyalurkan bantuan kepada keluarga,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya