SOLOPOS.COM - Kondisi arus lalu lintas di gapura gunungan wayang di Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, Klaten, Kamis (6/5/2021) pagi. Lengangnya arus lalu lintas sebagai dampak diberlakukannya pelarangan mudik mulai, Kamis (6/5/2021).

Solopos.com, KLATEN — Ribuan peserta bakal mengikuti upacara peringatan Hari Jadi ke-218 Klaten di Stadion Trikoyo, Kamis (28/7/2022). Mereka akan mengenakan pakaian lurik.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan upacara digelar menggunakan adat Jawa. Para peserta upacara yang direncanakan berjumlah lebih dari 4.000 orang mengenakan surjan untuk laki-laki dan batik lurik.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Salah satu alasan para peserta diminta mengenakan pakaian bermotif lurik untuk mengangkat salah satu potensi unggulan Klaten.

“Kami angkat lurik karena menjadi salah satu potensi Klaten. Apalagi HAKI [hak kekayaan intelektual] nanti akan diperoleh. Ini sekaligus memulihkan ekonomi perajin lurik. Biar peserta upacara bangga mengenakan lurik dan perajin dapat untung,” kata Mulyani saat ditemui wartawan di Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Senin (25/7/2022).

Pada puncak peringatan Hari Jadi tersebut, Mulyani berencana mengundang tamu VVIP salah satunya Bupati Klaten pada periode-periode sebelumnya.

Baca Juga: Kenapa di Klaten Banyak Umbul?

“Kami juga undang orang-orang hebat Klaten yang ada di seluruh penjuru Tanah Air. Kami berharap mereka hadir untuk mengingatkan tumpah darah Klaten agar beliau-beliau ingat Klaten dan bisa ikut membantu pembangunan di Klaten. Kami hadirkan dan disuguhi dawet khas Klaten. Nanti ada hiburan selain gending Klaten Bersinar juga ada hiburan campur sari dengan penyanyi dan MC lengkap mengenakan pakaian adat Jawa. Ada hiburan Tari Merak dan Tari Gedruk yang ada di Kemalang,” jelas Mulyani.

Pada upacara itu juga diisi dengan pemberian hibah serta bantuan rehab rumah tak layak huni (RTLH) dan bantuan anak yatim piatu. Selain itu ada penyerahan HAKI dari Kemenkumham untuk 18 item di antaranya beras Rajalele Srinuk, beras Rajalele Srinar, lurik, gejok lesung, payung lukis khas Juwiring, dan lain-lain.

Berbeda dengan peringatan Hari Jadi Klaten tahun sebelumnya, Mulyani mengatakan rangkaian ziarah dilakukan pada H-1 peringatan Hari Jadi Klaten atau Rabu (27/7/2022). Biasanya, ziarah dilakukan setelah upacara.

Ziarah digelar ke sejumlah makam leluhur yakni ke Makam Kiai Melati di Kelurahan Klaten, Kecamatan Klaten Tengah, makam Bupati Klaten pertama di Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, makam Sunan Pandanaran di Desa Paseban, Kecamatan Bayat, serta makam Bupati Klaten ketiga di Desa Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah.

Baca Juga: Asale Kisah Kiai Poleng dan Nyai Remeng di Sendang Bulus Jimbung Klaten

“Selain ziarah, ada pemberian tali asih ke juru kunci serta di setiap lokasi disiapkan 100 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar dia.

Disinggung konser musik yang digelar pada rangkaian peringatan Hari Jadi Klaten, Mulyani memastikan bakal menampilkan bintang tamu penyanyi, Ndarboy Genk.

“Insyaallah 7 Agustus 2022 nanti dan semoga jadwalnya tidak mundur,” ungkap dia.

Mulyani memastikan panggung hiburan itu terbuka untuk umum dan gratis. Namun, dia mengingatkan agar warga yang ingin menyaksikan panggung hiburan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan terutama mengenakan masker.

Baca Juga: Ini Daftar Wisata Candi di Klaten, dari Prambanan hingga Merak

“Tujuannya memberikan hiburan ke masyarakat dengan mengundang Ndarboy Genk. Ini ditampilkan secara gratis,” jelas Mulyani.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho, mengatakan konser musik Ndarboy Genk bakal digelar di Stadion Klaten, Minggu (7/8/2022) malam. Selain Ndarboy Genk, pentas musik itu akan diisi penampilan dari band lokal Klaten serta campursari.

“Kami tetap menggandeng seniman lokal. Tujuannya menggerakkan potensi yang ada di Klaten,” kata Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya