SOLOPOS.COM - Ilustrasi parkir (dok. Espos)

Solopos.com, SOLO — Paling cepat September 2021 mendatang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo bakal memulai pengerjaan Jembatan Ketandan. Jembatan yang dibangun sebagai penghubung dua kantong parkir itu justru dibangun lebih dahulu dibanding gedung parkirnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) berencana membangun gedung parkir di lahan seluas 13,6 × 86 meter persegi di Jl RE Martadinata. Gedung parkir itu berdekatan dengan Taman Parkir Loji Wetan yang ada di sisi selatan namun terpisah Kali Pepe.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kabid Bina Marga DPUPR Kota Solo, Nur Basuki, mengatakan anggaran pembangunan Jembatan Ketandan tersebut senilai Rp3,092 miliar. Struktur bangunan yang digunakan adalah balok pre-cast. Pihaknya berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) mengingat pembangunan jembatan bakal berdampak pada talud dan sungai.

Baca Juga: Anggota DPRD Tulungagung Gelar Wayang Kulit, Dibubarkan Polisi

“Spesifikasi jembatan untuk kendaraan hingga berat standar 10 ton ke atas. Ya, standar. Sambil nanti kalau ada perkembangan moda transportasi bisa mengimbangi,” kata dia, Minggu (22/8/2021).

Basuki menyampaikan jembatan dibangun dengan tata cahaya khusus sehingga semakin menarik di malam hari. Ornamen batik sebagai pelengkap juga menghiasi struktur jembatan. Kendati gedung parkirnya belum dibangun pada tahun ini, namun jembatan bisa dimanfaatkan lebih dahulu.

“Jembatan ini memang khusus untuk kantong parkir. Kalau tidak dibuatkan jembatan sendiri, maka akan membebani jembatan gantung di sisi timurnya dan menjadi lebih padat. Apalagi kalau keluar ke sisi utara kan langsung traffic light, maka langsung ada antrian kendaraan,” ucap Basuki.

Sebelumnya, Kabid Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Henry Satya mengatakan, Gedung Parkir Ketandan yang segera di bangun di Jl. RE Martadinata itu memiliki luas 85 x 13,6 meter persegi serta mampu menampung 30 kendaraan roda empat dan 250-300 kendaraan roda dua. Pemanfaatannya akan diintegrasikan dengan Taman Parkir Loji Wetan yang ada di Jl. Mayor Kusmanto.

Baca Juga: Pemkot Solo Catat 300-An Anak Jadi Yatim Piatu Karena Corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya