SOLOPOS.COM - Kepala Desa Laban, Mojolaban, Sukoharjo, Sugiyanto menunjukkan pohon laban yang ditanam di balai desa setempat, Jumat (30/12/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO Pohon laban (vitex pinnata) menjadi asal usul nama desa di Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo.

Nama pohon itu tersemat di Desa Laban, Mojolaban, Sukoharjo yang secara strategis berbatasan dengan Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepala Desa Laban, Sugiyanto mengatakan berdasarkan beberapa cerita dari orang tua zaman dulu, seluruh kawasan Desa Laban didominasi pohon laban hingga terciptalah nama Desa Laban.

“Menurut sejarah orang tua ya seperti itu, kami juga hanya meneruskan apa yang telah ditulis di riwayat berdirinya Desa Laban,” jelas Sugiyanto, Jumat (30/12/2022).

Berdasarkan potensi yang ada pohon laban yang cukup berkualitas untuk pembuatan kendang maupun bedug kini sudah jarang ditemukan di desa. Konon para perajin kendang di desa dulunya memanfaatkan pohon-pohon itu.

Selain kayu laban, pembuatan kendang atau bedug juga bisa menggunakan kayu nangka. Sementara pertumbuhan kayu laban cukup lama, jika sering ditebang dan tidak ada peremajaan pohon itu akhirnya habis.

Sementara, jumlah kayu nangka besar juga sudah menurun di wilayah Desa Laban. Kini hanya tersisa pepohonan kecil yang tidak bisa digunakan untuk pembuatan kendang yang masih diteruskan warga saat ini.

Namun, di Balai Desa setempat ada dua pohon laban yang sengaja ditanam untuk melestarikan asal-usul desa.

“Di Desa Laban saat ini hanya ada dua sampai tiga pohon saja. Ya di balai desa itu adanya, di wilayah lain sudah tidak ada. Sudah habis,” kata Sugiyanto

Dia tak tahu menahu sejak kapan kawasan Desa Laban itu mengalami masa kejayaan pohon laban begitu pun kapan habisnya pohon laban di desa setempat. Sebab beberapa sesepuh kini tak lagi ada, cerita itu kini hanyalah berupa sisa ingatan dari cerita para sesepuh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya