SOLOPOS.COM - Sejarah kuliner anjing Kota Solo berawal dari pedagang keliling di Kota Solo akhir 1980an. (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO–Sejarah kuliner anjing di Solo ternyata sudah menjadi tradisi kuliner di Kota Bengawan.

Dosen sejarah Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Heri Priyatmoko dalam artikelnya bertajuk Sate Anjing dan Budaya Omben-Omben di Solo yang diterbitkan di Beritagar.id, 25 Februari 2018, dan dikutip Solopos.com, beberapa waktu lalu mengupas tentang sejarah sate anjing dan budaya mabuk di Solo.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Penjual daging anjing di Solo ditemukan sejak zaman dulu dengan cara dagang berkeliling sampai akhir 1980-an. Kala itu tidak sedikit penjual yang menjajakan grabyasan atau daging anjing goreng, sate, tongseng, hingga rica-rica.

Kendati banyak ditemukan di Kota Solo, Heri menyebut penjual kuliner daging anjing rata-rata berasal dari Kampung Lor dan Baki, Sukoharjo.

Sejarah kuliner anjing di Solo, nama yang paling melegenda di dunia sate anjing alias sate jamu hingga 1940 adalah Mitro Jologug. Sampai saat ini usaha kuliner ekstrem tersebut dilanjukan oleh anak cucunya.

Sampai saat ini jumlah konsumsi daging anjing di wilayah Soloraya terbilang cukup tinggi se-Jawa Tengah.

Berdasarkan catatan Dog Meat Free Indonesia, sebanyak 13.700 anjing dibantai di Soloraya untuk dikonsumsi. Dilihat dari sejarah kuliner anjing di Solo, Kota Solo menjadi kawasan paling tinggi mengonsumsi daging anjing.

Mayoritas anjing tersebut dipasok dar wilayah Jawa Barat. Padahal pemerintah melarang daging anjing dikonsumsi berdasarkan UU nomor 18/2012 tentang Pangan.

Dilihat dari sejarah kuliner anjing di Solo, mengonsumsi daging anjing memiliki risiko bagi kesehatan, antara lain penyebaran penyakit rabies, Salmonella sp., E.coli, kolera, cacingan, dan scabies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya