SOLOPOS.COM - Masjid Al Wustho menjadi salah satu masjid di Solo yang ada takjil. (Dok)

Solopos.com, SOLO — Masjid Al Wustho Mangkunegaran termasuk salah satu masjid bersejarah di Kota Solo, Jawa Tengah. Apalagi lokasinya berada di area Pura Mangkunegaran Solo.

Masjid satu ini terbilang unik dari segi arsitektur dan bentuknya karena disebut-sebut mirip dengan Masjid Agung Demak. Kemiripan tersebut terlihat dari atap tumpang atau tingkat, serambi, bedug, kentongan, dan mustaka yang diletakkan di bagian puncak atap masjid.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Mengutip laman Duniamasjid.islamic-center.or.id, kekhasan Masjid Al Wustho tercermin dari pagar hingga keadaan di dalamnya. Pagar tebal dengan motif kepala gapura yang mengelilingi masjid, membuat masjid satu ini tampak anggun dan berwibawa.

Selain itu, ciri khas yang membedakan dengan masjid lainnya, yaitu adanya markis pada masjid. Markis merupakan semacam gapura pintu utama menuju teras yang dihiasi dengan kaligrafi. Selain itu nukilan ayat suci Al-Quran juga menghiasi beberapa bagian masjid, gapura masuk, pintu-pintu, dan jendela.

Berdasarkan cerita sejarah Masjid Al Wustho Mangkunegaran di laman resmi Pemkot Solo, masjid ini awalnya dimiliki oleh Pura Mangkunegaran dan dibangun oleh KGPAA Mangkunagoro VII pada 1259 Hijriah atau 1878 Masehi.

Setelah selesai dibangun, kemudian pengelolaan masjid ini diserahkan kepada para pengurus masjid yang kemudian diangkat menjadi abdi dalem di Pura Mangkunegaran.

Ketika Indonesia merdeka, pengelolaan masjid ini kemudian diserahkan kepada Kementerian Agama. Hal ini sesuai dengan keputusan Menteri Agama tahun 1962 yang menyebutkan, bahwa Masjid Al Wustho Banjarsari adalah masjid yang diurus dan dipelihara Departemen Agama dengan mengikutsertakan eksponen-eksponen masyarakat.

Menurut sejarahnya, dahulu Masjid Al Wustho Mangkungeran ini hanya diperuntukkan khusus bagi anggota keluarga Pura Mangkunegaran dalam menjalankan ibadahnya. Kemudian, seiring berjalannya waktu, masjid tersebut dibuka untuk masyarakat umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya